Saturday, June 23, 2018

Pentingnya Halaqoh dalam Belajar Islam


Oleh : Kholda Najiyah


Memahami Islam kafah sangat penting. Cara memahami Islam haruslah dengan berguru pada seorang terpercaya dan memiliki ilmu bersanad. Saat ini, tidak cukup belajar Islam di bangku sekolah, apalagi hanya membaca buku atau merujuk referensi di Google. Belajar sampai paham harus melalui proses berfikir. Salah satunya melalui forum halaqoh, yaitu duduk melingkar beberapa orang untuk membahas ilmu agama dengan dibimbing satu guru.

.

Saat ini, di tengah sistem pendidikan sekuler, media sekuler dan tayangan sekuler yang menjadi referensi, penting bagi remaja Muslim untuk mengikuti kajian Islam melalui halaqoh. Dengan cara inilah remaja bisa membentengi diri dari arus opini menyesatkan.  Bagaimana pentingnya halaqoh untuk membina kepribadian Islam seseorang, berikut bebarapa di antaranya:

.

1. Berjamaah Lebih Istiqomah

.

Sendiri dalam ketaatan itu susah. Banyak godaan setan. Dengan berjamaah, umat Islam akan lebih kuat dan istiqomah. Ingat Surat Ali Imran: 103: “Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai berai, dan ingatlah akan nikmat Allah kepadamu ketika kamu dahulu (masa jahiliyah) bermusuh-musuhan, maka Allah mempersatukan hatimu, lalu menjadilah kamu karena nikmat Allah, orang-orang yang bersaudara; dan kamu telah berada di tepi jurang neraka, lalu Allah menyelamatkan kamu dari padanya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu, agar kamu mendapat petunjuk.”

.

2. Menjalin Ukhuwah

.

Memiliki forum halaqoh adalah cara untuk menambah saudara seiman. Pertemuan rutin dengan saudara sepemahaman, akan memupuk ukhuwah yang kuat. Belajar saling memahami, berempati dan toleransi dengan tepat. Teman sejati adalah teman satu aqidah. Saling bantu, saling sayang menyayangi karena Allah. Itulah ukhuwah sejati.  

.

3. Menjamin Teman yang Saleh

.

Teman halaqoh tentunya memiliki pola pikir dan pila sikap yang sama, karena telah sama-sama dibina dengan pemahaman Islam yang satu. Oleh karena itu, relatif homogen dan pastinya akan membawa pada kebaikan. Teman halaqoh adalah teman saleh yang bisa membawa pada keberkahan dunia dan akhirat.

.

4. Menjadi Wadah Belajar Intensif

.

Halaqoh menjadi wadah belajar Islam terbaik. Dengan memiliki jam pertemuan rutin dalam membahas Islam, maka terjamin keselamatan aqidah kita dari tergelincir pada kekeliruan. Selalu membersihkan akal dengan mengkaji tema-tema agama terus menerus, tanpa henti, dan mengaitkannya dengan aplikasi dalam kehidupan.

.

5. Periwayatan Ilmu Bersanad

.

Halaqoh menjamin ilmu yang dipelajari bersanad, karena biasanya ditularkan turun temurun, dari mulut ke mulut, face to face dari guru ke murid, ke murid dan seterusnya. Kitab yang dikaji tertentu, hasil pemikiran mujtahid yang memiliki sanad keilmuan yang jelas. Sehingga, bisa dipertanggungjawabkan kebenaran atau kesahihannya. Berbeda dengan belajar sendiri tanpa guru, tidak jelas sanadnya. Apalagi jika belajarnya melalui buku atau media tanpa ada proses berfikir dua arah, yakni diskusi sampai puas dengan guru atau pembinanya.(kholda)

.

#mediaumat #mediaumatedisi198 #keluargaideologis #tipskeluarga


Ilustrasi.    Pinterest.com


SHARE THIS

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!