Saturday, June 2, 2018

Light Up Your Ramadhan


Oleh: Minah S.Pd.I

(Muslimah Peduli Generasi dan Peradaban, Penulis Buku Antologi “Catatan Hati Muslimah Perindu Surga” )


Tidak terasa Ramadhan telah memasuki  hari ke 10. Itu artinya, hampir separuh puasa Ramadhan telah kita lalui. Dengan demikian, Ramadhan tinggal separuh lagi. Orang yang memahami indahnya bulan Ramadhan tentu akan merasa sangat bersedih, betapa hari-hari puasa seakan cepat sekali berlalu. Rasanya baru kemarin kita memulai, tak terasa, sekarang sudah berjalan hampir separuh. Tentu sebentar lagi pula, Ramadhan dengan segenap keindahan, keberkahan, dan kemuliaannya akan meninggalkan kita. Bila umur kita panjang, tahun depan atau 11 bulan lagi kita baru akan bertemu lagi dengan bulan Ramadhan. 


Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang yang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (Al Baqarah 183)


“Allah berfirman, ‘Semua amal anak cucu Adam adalah untuknya. Kecuali puasa, ia adalah untukKu, dan Aku yang membalasnya.” (HR. Ahmad).


Karenanya, kita kudu light up your ramadhan, hidupkan ramadhan kita dengan beragam amalan sholeh. Tak hanya menahan makan dan haus, tapi harus menahan hawa nafsu, dan meningkatkan amal sholeh. Nah, agar puasa nggak sia-sia, light up your ramadhan! Hmm… lantas apa yang harus kita lakukan agar mampu menghidupkan ramadhan kita?



1. Bermesraan dengan Al-Qur’an


Bulan Ramadhan adalah bulan alquran, yang diturunkan kepada manusia untuk menjadi petunjuk dan standar hidup manusia. Ramadhan merupakan bulan yang mulia, penuh keberkahan dan keistimewaan. Karena alquran diturunkan pada saat bulan ramadhan yang berkah dan pada saat malam yang mulia, lebih baik dari seribu bulan yakni Lailatul Qadr.


Alquran sangat luar biasa, karena alquran bukan sekedar kitab suci biasa. Tetapi, benar-benar merupakan firman Allah yang diturunkan kepada kekasihnya yaitu Rasulullah Muhammad saw. Jika  kita membaca alquran itu artinya kita sedang membaca kalam Allah. Allah berbicara dan berkomunikasi dengan kita. Subhanallah.


Alquran yang diturunkan oleh Allah  SWT adalah sebagai petunjuk bagi umat manusia dan tidak ada keraguan padanya. Ayat-ayatnya sungguh jelas dan pasti, sebagai penjelas dari petunjuk dan kebenaran, pemberi kabar gembira, pembawa peringatan, penerang serta pemberi cahaya menuju jalan lurus. 



“Bulan Ramadan, bulan yang di dalamnya diturunkan alquran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara haq dan batil)”. (QS al-Baqarah [2]: 185)


Membaca alquran memang benar-benar memberi efek yang luar biasa. Selain pahala yang berlipat ganda, efek sampingannya adalah ademnya hati ketika sedang membaca ataupun mendengarkannya. Bahkan bisa meneteskan air mata.


Subhanallah, sungguh dahsyat alquran itu, sebagai penyejuk hati, petunjuk dan kebenaran, pemberi kabar gembira, pembawa peringatan, penerang serta pemberi cahaya menuju jalan lurus.  Oleh karena itu, saatnya ramadhan ini, kita bermesraan dengan alquran. Membacanya dan memahami isinya. Namun, membacanya tidak hanya ramadhan saja, tetapi setelah ramadhan pun harus dibaca  dan pahami serta mengajarkan isinya. Harapannya dalam sehari bisa menuntaskan membacanya 1 juz,  jadi 1 bulan bisa  menuntaskan 1 alquran yakni tuntas 30 juz. Insyaallah. Sering-seringlah membaca alquran, semoga dimudahkan untuk mentadabburi alquran. Aamiin.


“Orang yang terbaik diantara kalian adalah orang yang mempelajari Alquran dan mengajarkannya.” (HR. Bukhari dari Utsman bin Affan r.a.).


“Barangsiapa membaca satu huruf dari kitab Allah, maka dia akan mendapat satu kebaikan. Sedangkan satu kebaikan akan dibalas dengan sepuluh kali lipat. Aku tidak mengatakan bahwa “alif lam mim” adalah satu huruf. Akan tetapi Alif adalah satu huruf, Lam satu huruf, dan Mim juga satu huruf.” (HR. At-Tirmidzi dari Abdullah bin Mas’ud, dan hadits ini shohih).   


“Orang yang mahir dengan Alquran akan bersama-sama dengan rombongan malaikat  yang mulia dan senantiasa berbuat baik. Dan orang yang membaca Alquran tapi terbata-bata dan sangat berat baginya, ia akan mendapatkan dua pahala.” (HR. Muslim dari Aisyah, Ummul Mukminin. r.a).


2. SHALAT MALAM 


Pada bulan ramadhan, perbanyak sholat malam, baik terawih, witir atau tahajjud. Kita menghidupkan malam-malam ramadhan untuk semakin dekat kepada Allah, amalan ibadah ditingkatkan. Siapa saja yang mendekatkan diri kepada Allah dengan mengerjakan satu kebaikan, maka nilainya sama dengan mengerjakan satu ibadah wajib pada bulan lain. Siapa saja yang mengerjakan satu perbuatan wajib, maka nilainya sama dengan mengerjakan tujuh puluh kebaikan di bulan yang lain. Subhanallah.



3. Memperbanyak SEDEKAH


Sedekah yang paling baik adalah saat dibulan ramadhan, karena segala amalan dilipatgandakan. Pada bulan ramadhan, bersedekah yang paling mudah adalah memberi makan kepada orang yang berbuka puasa walaupun hanya dengan sebutir kurma dan seteguk air. “Siapa yang memberi makan kepada orang yang berbuka puasa akan mendapatkan pahala sebesar pahala puasa orang yang berbuka puasa tersebut tanpa mengurangi pahalanya sedikitpun” (HR At Tirmidzi).


Nah, sudah sepantasnya, kita berlomba-lomba untuk bersedakah, memberi makan orang yang berpuasa. Jika itu yang kita lakukan, maka akan mendapatkan pahala yang berlipatganda, yang diberikan Allah untuk kita. 


4. Memperbanyak DO’A


Pada Bulan ramadhan, kita juga harus memperbanyak doa. Agar segala amalan yang kita lakukan bernilai pahala dihadapan Allah. dan Allah balas dengan memberikan pahala berupa surgaNya. Kita kembalikan lagi, bahwa kita beramal sholeh hanya ingin mendapatkan ridho Allah, sehingga amal yang kita lakukan tidak sia-sia. Karenanya, perbanyaklah doa dibulan ramadhan.


5. MENGKAJI Islam 


Ramadhan begitu banyak kesitimewaan didalamnya, salah satunya adalah beramal sholeh yang Allah akan lipat gandakan pahalanya. Untuk menghidupkan ramadhan kita, maka kita juga harus mengkaji Islam. dengan mengkaji Islam, kita akan tahu mana yang dibolehkan mana yang tidak. Mana yang halal dan mana yang haram. 


Mengkaji Islam atau Menuntut ilmu itu adalah suatu kewajiban yang dibebankan kepada setiap individu Muslim. Dengan menuntut ilmu, kita akan mengetahui hukum-hukum Islam yang wajib kita ketahui.


Rasulullah SAW bersabda:


“Siapa saja yang menempuh jalan untuk mencari ilmu, Allah pasti akan membukakan bagimu suatu jalan ke syurga. Sesungguhnya para malaikat akan melebarkan sayap keridhoan bagi seorang pencari Ilmu. Sesungguhnya seluruh makhluk yang ada di langit maupun yang ada di bumi hingga bahkan ikan-ikan di dasar laut akan memintakan ampunan kepada Allah bagi seseorang yang berilmu. Sesungguhnya keutamaan orang yang berilmu dengan seorang ahli ibadah adalah laksana keutamaan cahaya bulan purnama pada malam hari atas seluruh cahaya bintang. Sesungguhnya pula, orang-orang yang berilmu (para ‘alim ulama) adalah pewaris para Nabi, sementara para Nabi tidak mewariskan dinar ataupun dirham, tetapi mewariskan Ilmu. Karena itu, siapa saja yang mengambil ilmu, ia berarti telah mengambil bagian yang sangat besar.” (HR. Abu Dawud, ibnu Majah, at- Tarmidzi).


Subhanallah, dengan menuntut ilmu Islam, Allah memudahkan jalan menuju surga, bahkan dikatakan dalam alquran bahwa orang-orang yang berilmu itu akan diangkat derajatnya oleh Allah. karena dengan ilmu kita akan tahu kesempurnaan Islam.


6. Meningkatkan AKTIFITAS DAKWAH


Kita juga harus meningkatkan aktifitas dakwah, agar umat atau masyarakat, bisa tercerahkan hatinya dengan Islam, masyarakat semakin paham akan indahnya Islam. dengan cara dakwah atau menyampaikan kebenaran. Saling menasehati antara sesama, menyampaikan kebaikan dan meninggalkan kemungkaran. Menjalankan semua aturan dari Allah.


Jadi, pada bulan ramadhan, Ketika orang lain tiduran, kita tadarrusan, Ketika orang lain having fun, kita ikut pengajian, Ketika orang lain sibuk belanja, kita bersedekah, Ketika orang lain malam hanya jalan-jalan, kita I’TIKAF.


Nah, karena itu, yuk kita hidupkan ramadhan kita, tidak hanya tidur-tiduran, akan tetapi mengisinya dengan bermesraan dengan alquran, sholat malam, memperbanyak sedekah, memperbanyak doa, mengkaji Islam dan meningkatkan aktifitas dakwah. Dengan begitu puasa kita nggak akan sia-sia. Berikan yang TERBAIK untuk ALLAH, maka kita akan dapat yang TERBAIK dari ALLAH yakni kebahagiaan dunia dan akhirat yang berupa  Surganya. So, light up your ramadhan!


SHARE THIS

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!