Thursday, June 28, 2018

Keutamaan Sabar Dalam Menghadapi Cobaan


Oleh: Nur qhanata


Wahai orang-orang Mukmin!

Sudah barang tentu engkau akan menghadapi cobaan di dalam kehidupan ini. Boleh jadi cobaan itu menimpa langsung pada dirimu, suami mu, anak mu, dan bahkan pada anggota keluarga mu.


Akan tetapi justru di situlah akan tampak kadar  imanmu. Allah menurunkan cobaan kepadamu, agar Dia bisa menguji imanmu, apakah engkau akan sabar atau tidak dan apakah engkau ridho terhadap takdir Allah yang Allah berikan.


Ketahuilah wahai orang-orang yang beriman, bahwah sesungguhnya itu semua karena Allah sangat menyayangimu. Karenanya Allah akan menghapus kesalahan-kesalahanmu dan segala dosa-dosamu di masa lalu.


Orang-orang yang beriman sadar bahwa tiada lain tujuan ia dilahirkan di dunia selain untuk beribadah kepada-Nya. Maka dari itu, tidak ada yang perlu dirisaukannya kecuali hanya berserah diri kepada Allah SWT sembari melakukan hal terbaik dalam ikhtiarnya.


لَيْسَ الْبِرَّ أَنْ تُوَلُّوا وُجُوهَكُمْ قِبَلَ الْمَشْرِقِ وَالْمَغْرِبِ وَلَٰكِنَّ الْبِرَّ مَنْ آمَنَ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ وَالْمَلَائِكَةِ وَالْكِتَابِ وَالنَّبِيِّينَ وَآتَى الْمَالَ عَلَىٰ حُبِّهِ ذَوِي الْقُرْبَىٰ وَالْيَتَامَىٰ وَالْمَسَاكِينَ وَابْنَ السَّبِيلِ وَالسَّائِلِينَ وَفِي الرِّقَابِ وَأَقَامَ الصَّلَاةَ وَآتَى الزَّكَاةَ وَالْمُوفُونَ بِعَهْدِهِمْ إِذَا عَاهَدُوا ۖ وَالصَّابِرِينَ فِي الْبَأْسَاءِ وَالضَّرَّاءِ وَحِينَ الْبَأْسِ ۗ أُولَٰئِكَ الَّذِينَ صَدَقُوا ۖ وَأُولَٰئِكَ هُمُ الْمُتَّقُونَ


"Bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah timur dan barat itu suatu kebajikan, akan tetapi sesungguhnya kebajikan itu ialah beriman kepada Allah, hari kemudian, malaikat-malaikat, kitab-kitab, nabi-nabi dan memberikan harta yang dicintainya kepada kerabatnya, anak-anak yatim, orang-orang miskin, musafir (yang memerlukan pertolongan) dan orang-orang yang meminta-minta; dan (memerdekakan) hamba sahaya, mendirikan shalat, dan menunaikan zakat; dan orang-orang yang menepati janjinya apabila ia berjanji, dan orang-orang yang sabar dalam kesempitan, penderitaan dan dalam peperangan. Mereka itulah orang-orang yang benar (imannya); dan mereka itulah orang-orang yang bertakwa." (Al-Baqarah : 177)


Engkau juga akan tahu bahwa orang-orang yang sabar adalah orang-orang yang di cintai Allah SWT.


وَكَأَيِّنْ مِنْ نَبِيٍّ قَاتَلَ مَعَهُ رِبِّيُّونَ كَثِيرٌ فَمَا وَهَنُوا لِمَا أَصَابَهُمْ فِي سَبِيلِ اللَّهِ وَمَا ضَعُفُوا وَمَا اسْتَكَانُوا ۗ وَاللَّهُ يُحِبُّ الصَّابِرِينَ

"Dan berapa banyaknya nabi yang berperang bersama-sama mereka sejumlah besar dari pengikut(nya) yang bertakwa. Mereka tidak menjadi lemah karena bencana yang menimpa mereka di jalan Allah, dan tidak lesu dan tidak (pula) menyerah (kepada musuh). Allah menyukai orang-orang yang sabar". (Ali-Imran : 146)


MasyaAllah!

Allah sangat mencintai orang orang yang penyabar. Dan Allah akan beserta orang-orang yang sabar. Sungguh mulianya orang yang penyabar. Balasan dari Allah kelak lebih dari apa yang kalian kerjakan. 


Rasanya malu diri kita jika masih mengeluh karena cobaan yang menimpa kepada kita?. Sungguh Allah SWT telah menjelaskan dalam kitabNya tentang kesabaran, sungguh mulianya orang yang sabar. Semoga kita termasuk orang-orang yang sabar.



Wallahua'lam.


SHARE THIS

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!