Thursday, June 28, 2018

Ketidakseimbangan Pilkada dan Kesejahteraan


Oleh: Vio Ani Suwarni

TEMPO.CO, Jakarta - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) memperkirakan duit yang berputar selama penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada serentak 2018 sebanyak Rp 25 triliun. 

"Sumbernya dari pemerintah dan biaya kampanye," ujar Wakil Ketua Umum Kadin Provinsi DKI Jakarta Sarman Simanjorang di Hotel Ibis Harmoni, Jakarta, Rabu, 27 Juni 2018. 

Sarman mengatakan uang yang digelontorkan pemerintah dalam penyelenggaraan kontestasi politik bisa mencapai Rp 20 triliun untuk pagelaran pilkada di 171 daerah. Peruntukannya adalah untuk mencetak kertas suara, biaya logistik, honor petugas, biaya untuk masyarakat  yang terlibat pemungutan suara, dan biaya lainnya.

"Jadi itu resmi daripada pemerintah yang Rp 20 triliun itu," ujar Sarman.

Selanjutnya, sebanyak Rp 5 triliun berasal dari kegiatan kampanye. Dia mengasumsikan jumlah tersebut salah satunya dari pengeluaran para calon kepala daerah di 17 provinsi. Rata-ratanya Rp 75 miliar per provinsi. Sehingga dalam Pilgub kali ini, total duit yang berputar adalah sekitar Rp 1,2 triliun.

"Itu hanya yang moderat saja karena mungkin seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dengan jumlah penduduk dan kabupaten kota yang cukup besar kami meyakini bisa Rp 100-150 miliar," kata Sarman.

Kemudian, untuk perhelatan Pemilihan Wali Kota di 39 kota diperkirakan akan memutarkan uang sebanyak Rp 390 miliar dengan asumsi para calon di tiap kota mengeluarkan total Rp 10 miliar per kota. 

Yang paling banyak, kata dia, adalah untuk Pemilihan Bupati di 115 kabupaten. Sarman menghitung sekitar Rp 2,3 triliun duit berputar dalam ajang itu. Asumsinya, para calon di setiap kabupaten menghabiskan total sekitar Rp 20 miliar.

"Biaya mereka ini biasa untuk mencetak dari pada beli flyer, spanduk, umbul-umbul, backdrop, kaus, stiker dan lainnya," ujar Sarman.

Saat kampanye, Sarman berujar para kandidat akan menyewa tenda, panggung, sound system, hingga menghadirkan artis. Belum lagi dengan hadirnya para pedagang di sekitar lokasi kampanye.

"Artinya, Pilkada serentak di 171 daerah itu sangat mampu memberikan kontribusi dalam pertumbuhan ekonomi daerah," kata dia.

Amazing bukan pengeluaran yang harus dikeluarkan cagub dan cawagub untuk pilkada serentak 2018. Sontak saja muncul pertanyaan yang menjadi perhatian penulis. Banyaknya dana yang dikeluarkan seharusnya bisa menjamin kesejahteraan rakyat. Karena sejatinya pemimpin adalah perisai umat (rakyat).

Rasulullah SAW bersabda, “Sungguh Imam (Khalifah) itu laksana (perisai), orang-orang akan berperang di belakang dia (mendukung) dan berlindung (dari musuh) dengan (kekuasaan)-nya.” (HR al-Bukhari, Muslim, an-Nasa’i, Abu Dawud dan Ahmad).

Namun sebaliknya, kesejahteraan yang diimpi-impikan umat, yang memang seharusnya umat dapatkan, hanya sekedar harapan semata. Pasalnya banyak kita jumpai rakyat masih saja terkungkung dengan kemiskinan, pengangguran, kelaparan, sulitnya mendapatkan layanan kesehatan, sulitnya mengenyam pendidikan dan sejumlah ketidakpastian lainnya yang menimbulkan banyaknya kerancuan dan kekacauan.

Tentu saja jika berbicara tentang Indonesia, tidak semudah membalikkan telapak tangan, wilayah yang begitu luas dan rakyat yang begitu banyak, membutuhkan kerja keras yang ekstra untuk mengelola itu semua. Tapi perlu diperhatikan kembali, dengan adanya kekayaan sumber daya alam Indonesia yang melimpah, seharusnya bisa memenuhi kebutuhan rakyatnya.

Tentu saja harapan kita semua sebagai rakyat Indonesia, janganlah terjadi ketidakseimbangan seperti ini, jika untuk pilkada bisa menghabiskan 25 triliun, seharusnya untuk kesejahteraan rakyat bisa lebih diperhatikan kembali. Karena janganlah rakyat hanya diminta untuk memilih saja, tapi tidak bisa menikmati kesejahteraan seutuhnya. 

Wallahu alam bishowab.



SHARE THIS

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!