Friday, June 8, 2018

Kesempatan


Oleh : Aubi (Member Akademi Menulis Kreative)


Kesempatan itu akan selalu ada, tak hanya 1 kali jika kita mau mencari. 

Kalau pun belum sekarang, mungkin nanti.

Muhasabah harus selalu ada. 

Mungkin usaha kita yang belum maximal. 

Kadang kemudahan adalah cobaan, yang membuat kita terlena dan akhirnya lemah atau manja.

Dalam pandanganku, segala sesuatu yang terjadi adalah bentuk kasih sayang Allah SWT, perhatian-Nya yang menginginkan kita kembali kejalan-Nya, bukan malah menjauh atas nama cobaan berat.

Selalu ada gesekan dalam setiap kehidupan, agar bisa menciptakan api yang berkobar.

Tanpa gesekan, api tak akan menyala. 

Tapi tujuannya bukan merusak, melainkan untuk memberi manfaat bagi siapapun yang tau caranya memanfaatkan api.

Ini hanya tentang waktu... 

Bersabarlah wahai diri....

#MuhasabahDiri

Allah SWT berfirman:

وَلَـنَبْلُوَنَّكُمْ بِشَيْءٍ مِّنَ الْخَـوْفِ وَالْجُـوْعِ وَنَقْصٍ مِّنَ  الْاَمْوَالِ وَالْاَنْفُسِ وَالثَّمَرٰتِ ۗ  وَبَشِّرِ الصّٰبِرِيْنَ 

"Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang sabar,"

(QS. Al-Baqarah 2: Ayat 155)

Sabar itu nggak ada batasnya Guys, Sis. Cuma kitanya aja yang membatasi dan gampang ngeluh.



Allah itu paling tau kita dan dia akan melatih kita biar jadi pribadi yang kuat dari cobaan tersebut. Tinggal kitanya mau sabar atu enggak.

Allah SWT berfirman:

لَا يُكَلِّفُ اللّٰهُ نَفْسًا اِلَّا وُسْعَهَا  ۗ  لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا اكْتَسَبَتْ  ۗ  رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَاۤ اِنْ نَّسِيْنَاۤ اَوْ اَخْطَأْنَا  ۚ  رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَاۤ اِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهٗ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِنَا  ۚ  رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهٖ  ۚ  وَاعْفُ عَنَّا  ۗ  وَاغْفِرْ لَنَا  ۗ  وَارْحَمْنَا  ۗ  اَنْتَ مَوْلٰٮنَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكٰفِرِيْنَ

"Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Dia mendapat (pahala) dari (kebajikan) yang dikerjakannya dan dia mendapat (siksa) dari (kejahatan) yang diperbuatnya. (Mereka berdoa), Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami melakukan kesalahan. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebani kami dengan beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya. Maafkanlah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkaulah pelindung kami, maka tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir."

(QS. Al-Baqarah 2: Ayat 286)

Dan inilah yang kadang kita gak memahami, diri kita sendiri, kemampuan kita.

Yah....kita tidak menyadari, bahwa harusnya kita bisa jadi lebih baik dari ini. Entahlah.... Dunia ini memang penuh tipu daya, tapi disitulah ujian menyapa.

Kita hanya perlu taat. Itu saja. 


#AkedemiMenulisKreative

#SalamPelajarIndonesia

#YukHijrah

#YukNgaji



SHARE THIS

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!