Monday, June 25, 2018

Arus Balik Meningkat, Karantina Banjarmasin Tingkatkan Pengawasan


Banjarmasin (25/06) - Pasca libur panjang perayaan Idul Fitri 1439 H, hari ini terjadi peningkatan arus balik di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin. Arus balik ini mulai dirasakan mulai H+5 pasca lebaran kemarin.


Kapal KM. Kirana IX dari Surabaya yang membawa ratusan penumpang ini sandar di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin tepat pukul 19.00 WITA. Lonjakan arus balik penumpang mengalami peningkatan bila dibandingkan awal mudik kemarin. Hal ini sangat berisiko terhadap pemasukan HPHK/OPTK karena frekuensi orang mudik membawa oleh-oleh berupa hewan maupun tumbuhan sangat tinggi.


Drh. Yuswandi ditemani Adriadi Hentarto dan M. Rusbandi, dengan sigap melakukan pengawasan

terhadap media pembawa wajib periksa karantina. Hasilnya, ditemukan 3 lembar sertifikat kesehatan untuk hewan jenis ayam dan burung. Tak hanya hewan, ada juga pemasukan komoditas sayur dan bawang putih. Pemeriksaan administrasi dan fisik pun dilakukan untuk memastikan komoditas bebas dari HPHK dan OPTK sebelum dilakukan pelepasan.


Pengawasan semakin ditingkatkan menyambut arus balik ini. Kerjasama pun dilakukan dengan berbagai Instansi terkait di lingkup Pelabuhan Trisakti Banjarmasin.


#LaporKarantina­čÉĽ­čŹÄ

#KarantinaBanjarmasin


SHARE THIS

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!