Tuesday, May 29, 2018

Ramadhan Yang Selalu Dirindukan


Oleh: Nina Genara


Ramadhan yang selalu di rindukan kehadirannya. Ramadhan sang tamu istimewa yang penuh keutamaan di dalamnya. Bulan mulia nan penuh ampunan dan curahan keberkahan.

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيْمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ


Barangsiapa yang berpuasa karena iman dan ingin mendapatkan pahala, maka diampuni semua dosanya yang telah lewat. (HR. Bukhari dan Muslim)


Alangkah luar biasanya seorang yang melaksanakan ibadah puasa Ramadhan lalu keluar dari ibadahnya dalam keadaan sebagaimana ketika dilahirkan oleh ibundanya, yaitu tidak menanggung dosa dan berhati suci, inilah salah satu keistimewaan Ramadhan.


Pada bulan ini Allah SWT juga mencurahkan kasih sayangnya dengan  melipatgandakan pahala amal kebaikan kaum muslimin. Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,


كُلُّ عَمَلِ ابْنِ آدَمَ يُضَاعَفُ الْحَسَنَةُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا إِلَى سَبْعِمِائَةِ ضِعْفٍ قَالَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ إِلاَّ الصَّوْمَ فَإِنَّهُ لِى وَأَنَا أَجْزِى بِهِ يَدَعُ شَهْوَتَهُ وَطَعَامَهُ مِنْ أَجْلِى لِلصَّائِمِ فَرْحَتَانِ فَرْحَةٌ عِنْدَ فِطْرِهِ وَفَرْحَةٌ عِنْدَ لِقَاءِ رَبِّهِ. وَلَخُلُوفُ فِيهِ أَطْيَبُ عِنْدَ اللَّهِ مِنْ رِيحِ الْمِسْكِ


“Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipat gandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah Ta’ala berfirman (yang artinya), “Kecuali amalan puasa.


Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku. Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya


Kemuliaan bulan Ramadhan juga Allah tunjukkan dengan menurunkan sebuah malam yang lebih baik dari seribu bulan yaitu malam Lailatul Qadar. Rasul saw bersabda:


إِنَّ هَذَا الشَّهْرَ قَدْ حَضَرَكُمْ وَفِيهِ لَيْلَةٌ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ مَنْ حُرِمَهَا فَقَدْ حُرِمَ الْخَيْرَ كُلَّهُ وَلاَ يُحْرَمُ خَيْرَهَا إِلاَّ مَحْرُومٌ


Sungguh bulan (Ramadhan) ini telah datang kepada kalian. Di dalamnya ada satu malam yang lebih baik dari seribu bulan. Siapa saja yang tidak mendapatkan (kebaikan)-nya maka dia tidak mendapat kebaikan seluruhnya. Tidak ada yang diharamkan dari kebaikannya kecuali orang yang bernasib buruk (HR Ibnu Majah)


Seluruh keistimewaan Ramadhan disajikan oleh Allah SWT agar umat muslim berlomba-lomba meraihnya hingga mencapai derajat tertinggi, yaitu Taqwa


" Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kalian berpuasa, sebagaimana puasa itu diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian, agar kalian bertakwa (TQS al-Baqarah [2]: 183)."


Selain menjadi hikmah puasa, takwa juga mestilah terwujud di dalam setiap lini kehidupan, tidak hanya bagi individu, namun juga dalam lini keluarga dan masyarakat. Kunci mewujudkan ketakwaan individu, keluarga maupun masyarakat.


Penduduk negeri yang beriman dan bertakwa ketika secara bersama-sama melaksanakan seluruh perintah Allah SWT dan menjauhi semua larangan-Nya. Mereka secara bersama-sama menjadikan hukum-hukum Allah, yakni syariah Islam, untuk mengatur kehidupan.


Keindahan yang luar biasa ketika umat berada dibawah naungan yang satu,dibawah naungan  yang menebarkan Rahmat ke seluruh alam, ialah naungan Islam. Ramadhan bersama Islam, dalam Khalifah Islamiyyah adalah Ramadhan yang selalu dinanti.


SHARE THIS

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!