Sunday, May 27, 2018

Munajat Hamba


Oleh :  Asma Ridha


Fase 10 malam pertama bulan ramadhan telah kita lalui. Akan ada 20 malam kedepan yang harus selalu dikawal agar spirit keimanan dan beribadah tetap selalu hadir dan ruh kesadaran manusia terhadap Allah SWT tidak memudar  sedikitpun.


Setelah 10 hari berlalu, fase ini adalah fase penguatan diri umat muslim terhadap keiatiqamahan dalam semangat beribadah. Fisik yang sudah mulai terkuras, apabila tidak diimbangi dengan semangat ibadah yang kokoh.  Maka bersiaplah hanya menjadi umat yang melewati malam-malam berikutnya tanpa nuansa ruh (Idrak silatu billah/kesadaran manusia akan hubungannya dengan Allah)


Ramadhan terdapat rahmah, seluruhnya terdapat ampunan Allah dan seluruhnya terdapat kesempatan bagi seorang mukmin untuk terbebas dari api neraka, tidak hanya sepertiganya. 


Diantaranya hadits Abu Hurairahradhiallahu’anhu, Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallambersabda:


من صام رمضان إيمانا واحتسابا ، غفر له ما تقدم من ذنبه


“Orang yang puasa Ramadhan karena iman dan mengharap pahala, akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu” (HR. Bukhari no.38, Muslim, no.760)


Dalam hadits ini, disebutkan bahwa ampunan Allah tidak dibatasi hanya pada pertengahan Ramadhan saja. Sebagaimana yang difahami kebanyakan kaum muslimin.


Lebih jelas lagi pada hadits Abu Sa’id Al-Khudri radhiallahu’anhuyang dikeluarkan oleh At Tirmidzi, RasulullahShallallahu’alaihi Wasallambersabda:


إِذَا كَانَ أَوَّلُ لَيْلَةٍ مِنْ شَهْرِ رَمَضَانَ صُفِّدَتِ الشَّيَاطِينُ، وَمَرَدَةُ الجِنِّ، وَغُلِّقَتْ أَبْوَابُ النَّارِ، فَلَمْ يُفْتَحْ مِنْهَا بَابٌ، وَفُتِّحَتْ أَبْوَابُ الجَنَّةِ، فَلَمْ يُغْلَقْ مِنْهَا بَابٌ، وَيُنَادِي مُنَادٍ: يَا بَاغِيَ الخَيْرِ أَقْبِلْ، وَيَا بَاغِيَ الشَّرِّ أَقْصِرْ، وَلِلَّهِ عُتَقَاءُ مِنَ النَّارِ، وَذَلكَ كُلُّ لَيْلَةٍ


“Pada awal malam bulan Ramadhan, setan-setan dan jin-jin jahat dibelenggu, pintu neraka ditutup, tidak ada satu pintu pun yang dibuka. Pintu surga dibuka, tidak ada satu pintu pun yang ditutup. Kemudian Allah menyeru: ‘wahai penggemar kebaikan, rauplah sebanyak mungkin, wahai penggemar keburukan, tahanlah dirimu’. Allah pun memberikan pembebasan dari neraka bagi hamba-Nya. Dan itu terjadi setiap malam” (HR. Tirmidzi 682, dishahihkan oleh Al Albani dalam Shahih At Tirmidzi)


Juga hadits Jabir bin Abdillahradhiallahu’anhu, RasulullahShallallahu’alaihi Wasallambersabda:


إنَّ للهِ في كلِّ يومٍ وليلةٍ عُتَقاءَ مِنَ النَّارِ في شهرِ رمضانَ وإنَّ لكلِّ مسلمٍ دَعوةً يدعو بها فيُسْتجابُ له


“sesungguhnya di setiap hari dan malam bulan Ramadhan dari Allah ada pembebasan dari api neraka. dan bagi setiap Muslim ada doa yang jika ia berdoa dengannya maka akan diijabah” (HR. Ahmad 2/254, Al Bazzar 3142, Al Haitsami berkata: “semua perawinya tsiqah”).


Dengan demikian jelaslah bahwa di seluruh waktu di bulan Ramadhan terdapat rahmah, seluruhnya terdapat ampunan Allah dan seluruhnya terdapat kesempatan bagi seorang mukmin untuk terbebas dari api neraka, tidak hanya sepertiganya. 


Maka jadikan setiap harinya dan malamnya tidak lekang dari munajat seorang hamba yang hanya bersimpuh kepada-Nya saja. Mengharap keberkahan untuk umat muslim secara keseluruhannya. Dan menyegerakan pertolongan Allah segera datang untuk menjadikan Islam dan umatnya berkuasa di muka bumi ini. Agar tidak ada lagi darah bergelimpangan permusuhan sesama muslim sendiri. Saling berprasangka dan menganggap mereka teror tanpa bukti. 


Dan agar mudah umat ini menyerang kembali kekuatan ahlu kuffar yang terus merongrong tanpa di anggap teroris telah membunuh saudara-saudara kami karena iman dan Islam mereka. Telah berani merebut tanah mulia kami dengan bengis dan kejamnya. Telah menumpahkan darah pada anak-anak kami yang tak berdosa.  Cahaya kemenangan berharap akan hadir menjadi penopang kekuatan umat muslim dengan penerpan syariat Islam secara kaffah.


SHARE THIS

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!