Tuesday, May 29, 2018

Keutamaan Doa


Oleh: Minah, S.Pd.I


Tidak ada rangkaian kata yang paling indah kecuali Doa. Doa adalah wujud penghambaan diri manusia kepada Allah SWT. Kedudukan doa sebagai pangkal ibadah memiliki peran yang sangat besar atas pengharapan seorang hamba kepada Allah SWT. Doa adalah senjata orang-orang yang beriman dan merupakan bagian dari ibadah. Orang yang tidak pernah berdoa adalah makhluk yang sombong, seolah-olah ia tidak butuh atas pertolongan Allah.


 Doa juga dapat dijadikan sebagai wasilah/sarana untuk mencapai keinginan yang hendak dicapai. Doa yang ikhlas, dilakukan dengan adab-adab berdoa dan yakin bahwa Allah swt akan mengabulkannya. Jangan sekali-kali berputus asa didalam berdoa karena Allah adalah Maha Pendengar atas doa-doa hambaNya.


Allah swt berfirman : “Dan apabila hamba-hambaKu bertanya kepadamu tentang Aku maka jawablah bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepadaku. Maka hendaklah mereka itu memenuhi segala perintahKu dan hendaklah mereka beriman kepadaKu agar mereka berada dalam kebenaran.” (QS. Al-Baqarah:186).


Bulan ramadhan ini, yuk kita  semakin mendekatkan diri dan memperbanyak doa. Agar segala amalan yang kita lakukan bernilai pahala dihadapan Allah. Kita berdoa, agar segala apa yang kita inginkan bisa terpenuhi, semua amal sholeh yang kita lakukan, Allah balas dengan memberikan pahala berupa surgaNya. Kita beramal sholeh hanya ingin mendapatkan ridho Allah, sehingga amal yang kita lakukan tidak sia-sia. Karenanya, perbanyaklah doa dibulan ramadhan.


Ada tiga orang yang doanya tidak akan ditolak, yaitu orang yang shaum hingga ia buka, imam yang adil, dan doa orang yang didzalimi. Allah akan mengangkat doanya hingga ada di atas awan dan akan dibukakan baginya pintu-pintu langit. Dan Allah akan berfirman. ”Sungguh Aku akan menolongmu kapan saja”(HR at-Tirmidzi)


SHARE THIS

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!