Wednesday, May 30, 2018

Jangan Ngeles Ah, Jilbab Itu Perintah Allah!


Oleh : Fajrina Laeli

(Mahasiswi Manajemen Insan Pembangunan, Tangerang)



Sobat muslimah, bosen gak sih dimana-mana bahasnya  jilbab lagi, jilbab terus jilbab mulu. Mungkin sebagian besar dari kalian sudah tau ya jilbab itu apa. Yang udah tau diingetin lagi deh, dan yang belum tau dibikin tau biar tambah ilmu.


 


QS. Al-Ahzab: 59


 


 يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ قُلْ لأزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَاءِ الْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَعَلَيْهِنَّ مِنْ جَلابِيبِهِنَّ ذَلِكَ أَدْنَى أَنْ يُعْرَفْنَ فَلا يُؤْذَيْنَ وَكَانَ اللَّهُغَفُورًا رَحِيمًا


 


Artinya:


“Wahai Nabi, katakanlah kepada istri-istri, anak-anak perempuan dan istri-istri orang Mukmin, ‘Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.’ Yang demikian itu supaya mereka mudah dikenali, oleh sebab itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha pengampun lagi Maha Penyayang.”


 


Jadi, jilbab secara spesifik adalah


 


والجِلْبابُ القَمِيصُ. والجِلْبابُ ثوب أَوسَعُ من الخِمار، دونالرِّداءِ، تُغَطِّي به المرأَةُ رأْسَها وصَدْرَها؛.


“Jilbab (diantara maknanya) adalah gamis. Dan jilbab itu adalah pakaian yang lebih lebar dari khimar, yang selain rida’. Yang dipakai oleh wanita untuk menutupi kepala dan dadanya” (Lisaanul Arab).


 


Tapi masih banyak nih yang belum tau bahwa jilbab adalah pakainnya, bukan sekedar kain penutup kepalanya.


 


Masih banyak juga yang menjadikan alasan “hati belum siap”, “harus jilbabin hatinya dulu, baru nanti tutup aurat”, atau malah “yang pake jilbab aja belum tentu bener”. Seharusnya kita sadar bahwa jilbab bukanlah sesuatu yang bisa kita pilih untuk memakai atau tidak memakai. Karna jilbab adalah perintah dari Allah. Terkadang mereka hanya menjadikan alasan-alasan klasik untuk menghindari kepastian bahwa jilbab adalah wajib. Nih gaes, jilbab dan kerudung itu pakaian muslimah yang merupakan perintah dari Allah.


 


Hayoo, masih mau pake alasan apalagi nih?


 


Jilbab itu cantik, kenapa harus ragu? Lebih nyaman pake pakaian ketat daripada longgar? Gaes gaes, kalo cuma sekedar tutup aurat doang mah catwoman juga bisa.


 


So, yuk berjilbab. Sobat muslimah, kita buktikan bahwa kita bisa tampil beda menggunakan jilbab, kita buat mereka-mereka berpikir “ternyata pakai jilbab itu keren ya”.


Oh iya gaes, jangan lupa ya, nggak cuma pakai  jilbab aja lho tapi juga pakai kerudung ya. Soalnya jilbab dan kerudung itu sepaket loh.


SHARE THIS

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!