Saturday, May 26, 2018

Hilangkan Buruk Sangka


Oleh: Silvia anggraeni


Sering dengan mudah seseorang menilai sesuatu dari sudut pandangnya sendiri. Menilai semua perbuatan orang selalu salah jika tak bersesuaian dengan dirinya. Menyalahkan bahkan menvonis sesorang berdosa hanya karna menuruti persangkaannya. Mereka terlalu sibuk mencari keburukan orang dan melupakan kesalahan sendiri.


Berhati-hatilah wahai hati, sungguh buruk sangka adalah dosa.


Allah Ta’ala berfirman.


يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اجْتَنِبُوا كَثِيرًا مِّنَ الظَّنِّ إِنَّ بَعْضَ الظَّنِّ إِثْمٌ ۖ وَلَا تَجَسَّسُوا


“Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan berprasangka, karena sesungguhnya sebagian tindakan berprasangka adalah dosa dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain” [Al-Hujurat : 12]


Telah jelas ayat di atas menjelaskan bahwa Allah melarang kita berburuk sangka dan mencari kesalahan orang. Tak jarang sebuah hubungan baik rusak karena sifat ini. Sepasang suami istri yang bercerai karna prasangka buruk pada pasangannya. Atau pertemanan yang terputus akibat buruk sangka. Serta kakak beradik yang memutus tali silaturahmi karna prasangka buruk pada saudaranya. Larangan berburuk sangka juga disebutkan dalam hadits berikut :


Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda.


إِيَّا كُمْ وَالظَّنَّ فَإِنَّ الظَّنَّ أَكْذَبُ الْحَدِيْثِ وَلاَ تَحَسَّسُوا وَلاَ تَجَسَّسُوا وَلاَ تَحَاسَدُوا وَلاَتَدَابَرُوا وَلاَتَبَاغَضُوا وَكُوْنُواعِبَادَاللَّهِ إحْوَانًا


“Berhati-hatilah kalian dari tindakan berprasangka buruk, karena prasangka buruk adalah sedusta-dusta ucapan. Janganlah kalian saling mencari berita kejelekan orang lain, saling memata-matai, saling mendengki, saling membelakangi, dan saling membenci. Jadilah kalian hamba-hamba Allah yang bersaudara”.


Sungguh berburuk sangka adalah dusta. Mengatakan apa yang ada dalam prasangka bukan yang sesuai dengan realita. Sebagai seorang muslim kita tahu bahwa dusta adalah dosa.  Dusta akan mendatangkan banyak kerusakan. Dan dusta adalah pangkal keburukan,  karna ia akan menuntut dusta-dusta berikutnya. 


Jauhkanlah hati dari buruk sangka. Jangan memandang segala sesuatu dari satu arah kita saja, karna kita tak pernah tahu apa yang sesungguhnya terjadi di luar pandangan kita. Bersihkan hati jauhkan diri dari segala prasangka, sibukkanlah diri untuk memperbaiki kesalahan kita bukan mengoreksi kesalahan orang lain. 

Wallahu 'alam bisshowab.



SHARE THIS

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!