Wednesday, May 23, 2018

Dakwah itu Berat Namun Bermartabat 


  Oleh : Damayanti


Mengawali Ramadhan masyarakat kembali dihebohkan dengan aksi teror,mulai kerusuhan di MAKO BRIMOB Depok Jawa Barat yang menewaskan 10 orang prajurit sampaj aksi bom bunuh diri dibeberapa tempat berbeda,seolah masyarakat tidak diberi waktu bernafas sedikitpun untuk menjalani ibadah shaum ramadhan dengan tenang.


Pasca aksi teror yang terjadi baru-baru ini pihak kepolisian langsung mengeluarkan pernyataan sikap bahkan terlalu dini menyimpulkan bahwa aksi teror dan kerusuhan dibeberapa tempat terindikasi aksi terorisme.Bak gayung bersambut pemerintah langsung mendesak DPR mensahkan RUU Terorisme menjadi Undang-Undang dalam   rangka menyelesaikan aksi teror di Indonesia.

Adapun aksi terorisme selalu dikaitkan dengan Islam dan kaum muslim dan predikat tersebut sengaja mereka sematkan dengan penuh kebencian.Seolah negeri mislim terbesar didunia ini mengidap penyakit "islamophobia" yang sebagian besar diidap negara-negara barat.Seolah tak ada habisnya Islam dan kaum muslim difitnah secara keji,fitnah itu lebih keji dari pembunuhan.

Bukan hanya dikehidupan nyata bahkan fitnah terhadap Islam juga sangat gencar di dunia maya,dengan membuat akun dan status yang isinya menebarkan paham kebencian mulai dari islam dan para pengemban dakwah Islam itu sendiri. Seperti yang dialami oleh saudara kita dari HTI yang baru saja mengalami kedzoliman nyata dari rezim yang berkuasa saat ini. Izin BHP merka dicabut paksa tanpa melakukan pelanggaran apapun.


Masih segar dalam ingatan kita bagaimana elegan dan terhormatnya teman-teman HTI dengan aksi sujud syukurnya saat pembacaan keputusan sidang gugatannya ditolak oleh para hakim PTUN Senin,7 Mei 2018.Mereka menunjukkan sikap terhormat sebagai ormas yang bermartabat dengan menyerahkan segala keputusan hanya kepada Allah SWT.Segala hal yang buruk dimata manusia akan tetapi justru itu yang terbaik dimata Allah SWT.

Satu hal yang mengherankan yaitu ketika kekalahan HTI dikaitkan dengan beberapa aksi teror baru-baru ini. Bahkan dibeberapa medsos viral jika HTI ada keterkaitan dengan ISIS padahal kita semua tahu dakwah yang dilakukan HTI sudah berlangsung sejak lama dan semua berjalan lancar tidak dipermasalahkan. Akan tetapi kita tahu ISIS baru berdiri sekitar tahun 2013 jadi tidak ada korelasinya sama sekali jelas ini adalah fitnah keji.


"Fitnah itu jahat jangan lakukan kamu tidak akan kuat karna itu dosa berat" mungkin ini kalimat yang dapat saya ungkapkan bagi para penggiat fitnah terhadap Islam dan pengemban dakwah.

Itulah dakwah pasti akan mendapatkan ujian dan cobaan termasuk salah satunya ujian berupa fitnah dari pembenci dakwah. Akan tetapi bukan menjadi suatu alasanbagi kita untuk berhenti berdakwah. Karena tidak ada jaminan apapun saat meninggalkan dakwah.


Dakwah itu indah namun konsekuensinya amatlah berat. Disaat orang lain hanya duduk menunggu tanpa mau ambil resiko namun kita tetap istiqomah menapaki bukit terjal berduri. Dakwah adalah sebuah perjuangan untuk membebaskan manusia dari perbudakan perilaku dan sistem dzolim. Seperti halnya yang dilakukan oleh Rasulullah dan para sahabat yaitu membaikkan dan membebaskan manusia dari perilaku dan sistem jahiliyah yang kala itu diterapkan oleh kafir Qurays di Mekkah sehingga menyebabkan adanya penentangan dari rezim Qurays.

Dakwah Rasulullah dianggap membuat kegaduhan,sebab berusaha melakukan perubahan pola fikir dan pola sikap kaum jahiliyah. Upaya perubahan sistem jahiliyah menjadi sistem Islam pun telah menimbulkan kebencian,permusuhan dan penentangan dari masyarakat arab saat itu. Hal ini wajar saja karna mereka adalah orang-orang bodoh yang belum mengenal kemuliaan Islam. Akan tetapi Rasulullah dan para sahabat tetap istiqomah dalam dakwah hingga seiring berjalannya waktu mengubah segalanya yaitu Islam dimenangkan.


Saat ini dakwah dan perjuangan Islam pun kembali mendapat ujian dan tantangan yang amat berat. Islam dan kaum muslim mendapatkan fitnah keji,persekusi bahkan larangan dari para musuh Allah di era jahiliyah gaya baru.

Dari dulu hingga sekarang watak orang kafir tidaklah berubah mereka senantiasa membenci Islam dan ajarannya. Allah berfirman:

"Dan orang-orang Yahudi dan Nashrani tidak akan rela kepadamu(Muhammad)sebelum engkau mengikuti agama mereka..."QS.Al-Baqoroh ; 120.

Sebagai muslim tentu kita mengecam keras tindakan terorisme sebab bertentangan dengan ajaran Islam." Barangsiapa yang membunuh seorang manusia bukan karna orang itu (membunuh)orang lain atau bukan karna membuat

 keeusakan dimuka bumi maka seakan akan dia membunuh manusia seluruhnya QS.AL-Maidah;32

Islam adalah agama cinta damai bukan terorisme. Sungguh tidak ada kaitannya antara paradigma terorisme ala barat dengan ajaran Islam yang mulia sebagai agama dari Allah.


Namun seberat apapun ujian dan cobaan dakwah dan perjuangan akhirnya berbuah manis juga. Sebab Allah telah menjamin hal itu,"Barangsiapa yang menolong agama Allah maka 

Allah akan menolongnya,dan setiap kebatilan akan dikalahkan oleh kebenaran".


Buktinya seluruh nabi dan rasul perjuangan mereka pada akhirnya mendapatkan kemenangan dari Allah SWT.

Tegaknya Daulah Islam di Madinah yang dipimpin Rasulullah adalah sebuah perjalanan panjang dari dakwah dan perjuangan beliau.


Oleh karna itu yakinlah bahwa dengan kesabaran atas ujian dakwah dan perjuangan maka akan berbuah manis akhirnya. Islam akan senantiasa mendapati kemenangan. Maka kita akan saksikan manusia berbondong-bondong masuk Islam ddan Daulah Khilafah Islamiyah akan tegak serta menebarkan rahmat keseluruh alam.

Tetaplah istiqomah berjalan diatas jalan dakwah ini,jangan pernah keluar dari gerbong dakwah karna kita akan sampai datasiun yang sama yaitu stasiun kemenangaan.Allahu akbar



SHARE THIS

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!