Wednesday, May 30, 2018

Berlomba Di Separuh Ramadhan


Oleh : Vivin Indriani ( Member Komunitas Revowriter)


Tidak terasa bulan Ramadhan sudah terlewatkan separuh bulan. Namun apakah ibadah yang kita tunaikan sejauh ini telah maksimal? Ataukah kita masih tersibukkan dengan segudang aktivitas diluar sana? Hingga Ramadhan berlalu hari demi hari tak juga sempat kita perbanyak dan perbaiki kualitas ibadah kita?


Sobat, Ramadhan adalah bulan penuh berkah dan taburan berlipat-lipat pahala. Telah Allah jamin siapapun yang beribadah di bulan ini akan berlipat ganda pahalanya dibanding bulan-bulan biasa di luar Ramadhan.


Namun terkadang kita masih santai dan tenang melewatkan banyak waktu-waktu berharga Ramadhan dalam kesibukan yang tiada ujungnya. Kadang-kadang kita merasa bahwa Ramadhan masih baru saja mulai. Sehingga kita berleha-leha di awal Ramadhan.


Seandainya kita memahami bahwa disinilah justru keutamaan Ramadhan itu nampak. Dia hanya akan di nikmati oleh mereka yang mau sungguh-sungguh meluangkan waktu. Ramadhan hanya akan datang pada mereka yang badilan juhdi, berdaya upaya mengerahkan kesungguhan untuk memperbanyak ibadah di bulan ini. Ramadhan hanya datang pada mereka yang peduli sepenuhnya, menyambut antusias dan berlari penuh mengejar keutamaannya.


Nah, di masa akhir Ramadhan yang kurang separuh ini, hendaklah kita berlomba-lomba lebih baik kembali. Membaguskan lagi aktivitas ibadah kita. Menambah kualitas amalan sunnah dan fardhu kita. Memperbanyak sholat lail, menderaskan tilawah quran, berdzikir dan muroja'ah dengan kulaitas yang makin meningkat.


Bukankah Rasulullah pun mncontohkan demikian. Dalam hadits riwayat Buchari dan Muslim diceritakan : " Rasulullah apabila telah masuk 10 hari terakhir di bulan Ramadhan, Baginda menghidupkan malam(dengan ibadah), membangunkan keluarganya, bersungguh-sungguh dan mengasingkan diri dari keluarganya." ( HR. Buchari dan Muslim)


Mari menikmati jamuan Allah di separuh Ramadhan. Serta berlomba-lomba mendapatkan keberkahan di sisa-sisa akhir Ramadhan.

Wallahu 'alam.


SHARE THIS

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!