Thursday, May 31, 2018

Berlomba dalam Menuntut Ilmu Islam


Oleh : Almeera 

Sebagai hamba Allah ketika ditanya mau masuk surga atau neraka, pasti jawabnya masuk surga. Tentu untuk mendapatkan surga itu tidak seperti membalikan telapak tangan, penuh ujian, cobaan dan disitu juga butuh amalan terbaik dari manusia.


Yang Perlu kita lakukan supaya amal yang kita persembahkan kepada Allah itu adalah yang terbaik yakni niat dan caranya kudu benar  sesuai Alquran dan As sunnah. Trus bagaimana caranya supaya ibadah yang kita lakukan itu benar?? Jawabanya itu yakni dengan menuntut ilmu islam. Ketika sobatfillah menuntut ilmu islam pasti yang diburu itu ustadzah/ musrifah/ murobiyah. Itulah istilah-istilah yang sering kita dengar.


Menuntut ilmu itu wajib. Manusia dalam kesaharianya pasti butuh ilmu. Coba bayaknan sobatfillah jika kita kesuatu tempat yang tidak pernah kita kunjungi  sebelumnya, pasti yang kita butuhkan ilmu supaya kita bisa tahu dan sampaiditujuan. Istilah kekinianya itu pake google maps saja. Simple kan. Tidak berhenti dari situ yah sobatfillah, ternyata ilmu juga kudu kita pelajari because kita beribadah kepada Allah ternyata butuh ilmu juga. Sobatfillah pada tau tidak, kalau tugas utama sebagai mahluk adalah beribada kepada Allah. Persoalanya , darimana yah kita tahu  cara ibadah yang benar??? Yang bakal diterimah oleh Allah swt?? Sudah kebayang nggah sih betapa ruginya kita beribadah tapi nggak tahunya ditolak sama Allah. Coba bayangkan kalau kita sholat shubuh 3 rakaat dengan dalil ngga apa-apa kok kan lebih 1 rakaat justru Allah dia senang karna ibadah yang saya lakukan lebih. 


Whattttsss??? itulah gunahnya kita menuntut ilmu islam. Rasulullah saw bersabda “ menuntut ilmu itu wajib atas setiap muslim” ( HR. Ibnu Majah). 

Masih ragu lagi untut belajar ilmu islam. Lets explain it. Orang yang berilmu derajatnya akan ditinggikan oleh Allah stw. Allah Ta’ala berfirman: “ Allah akan meninggikan derajat orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. (QS. Al-Mujadalah:11). Orang yang menuntut ilmu juga kemudian di share ke orang lain itu menjadi investasi tiada merugi. “ Apabila anak adam meninggal, maka terputuslah amalnya keculai tiga, yaitu ilmu yang bermanfaat…….. (HR.Muslim). So jangan lagi malas-malas yah sobatfillah untuk mencari ilmu islam. Sesibuk sibuk apapun kita dengan urusan dunia jangan pernah kita tinggalkan yang namanya menuntut ilmu islam. Apapun profesi kita. Entah itu  pelajar, guru, kerja kantoran de el el. There is no reason for it. Itulah kenapa menuntut ilmu itu wajib. 

#KeepIstiqomah

#BelajarDanBelajar


 
















SHARE THIS

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!