Tuesday, May 29, 2018

Are U Ready For Da'wah? 


Jember, Ahad 27 Mei 2018 para remaja putri kembali berkumpul dalam kajian Dauroh Islam For Teens #2 dengan mengangkat tema "Are U Ready For Da'wah?", dimana acara kali ini merupakan seri kedua dari Kajian SWI edisi spesial yang diadakan selama dua bulan oleh Komunitas Smart With Islam (Chapter Kaliwates).


Pembicara kajian dauroh ini merupakan seorang aktivis dakwah sekaligus pemerhati masalah remaja. Beliau adalah Yessy Ayu Anggraini, S.P atau panggilan akrabnya adalah Kak Yessy. Kak Yessy memulai materi dengan memberi sebuah pertanyaan kepada peserta "Mengapa sih kita harus sibuk memikirkan kondisi masyarakat? Bukankah kita masih remaja?".


Meski masih remaja, jika seorang muslim sudah baligh maka wajib baginya menjalankan seluruh perintah Allah, termasuk peduli terhadap kondisi umat. Kak Yessy menjelaskan bahwa banyak perilaku masyarakat (termasuk remaja) yang menyimpang dari aturan Islam mulai dari tawuran, minum - minuman keras, narkoba, seks bebas, aborsi dan lain sebagainya. Juga kondisi memprihatinkan yakni kemiskinan yang tak kunjung usai. Seperti firman Allah yang terdapat di QS.Ar-Rum:41 yang mana umat Islam mengalami permasalahan yang kompleks berawal dari tidak diterapkannya syariat Islam secara kaffah. Sehingga masyarakat yang tidak bermaksiat pun mendapatkan imbas dari kerusakan yang terjadi. 


Akan tetapi syariat Islam mustahil diterapkan secara kaffah (sempurna) tanpa adanya Khilafah yang mana sistem kepemimpinannya menerapkan aturan dari Al-Qur'an dan As-Sunnah. Bahkan para ulama mazhab pun telah menyepakati wajibnya seorang Khalifah di tengah kaum muslim. 


Untuk itu, perlu adanya penerapan syariat Islam yang akan mampu memelihara akal, memelihara agama, memelihara harta, memelihara jiwa, memelihara keturunan, menjaga kehormatan, menjaga keamanan, dan menjaga keutuhan negara dengan mengharamkan separatisme (upaya memecah belah umat). 


Jika kita mengikuti syariat Islam secara kaffah, Allah telah memberikan janji-Nya di QS.Al A'raf:96 yakni menurunkan keberkahan dari langit dan bumi. Lalu bagaimana cara mewujudkannya? Maka hendaklah kita berdakwah secara berjama'ah menyampaikan perintah dan larangan-Nya yang telah difirmankan oleh Allah SWT: "Dan hendaklah ada di antara kamu ada segolongan orang yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh (berbuat) yang makruf, dan mencegah dari yang munkar. Dan mereka itulah orang-orang yang beruntung." (QS. Ali 'Imran: 104).


Kak Yessy pun memberikan tips menjadi remaja yang cerdas yaitu dengan cara mengikuti kajian secara intensif, berdakwah di tengah masyarakat, dan berjamaah dengan sahabat taat seperti dalam komunitas SWI. 


Para peserta dauroh sangat antusias mendengarkan dan menjawab pertanyaan yang Kak Yessy maupun host. Panitia juga membagikan doorprize untuk peserta yang mampu menjawab pertanyaan dengan baik. [Dewi]


SHARE THIS

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!