Monday, May 28, 2018

Apa yang Salah dengan Pendidikan di Indonesia?


Oleh : Wahid Abdillah Syam

      

 Kualitas pendidikan di Indonesia saat ini sangat memprihatinkan. Ini dibuktikan antara lain dengan data UNESCO (2000) tentang peringkat Indeks Pengembangan Manusia (Human Development Index), yaitu komposisi dari peringkat pencapaian pendidikan, kesehatan, dan penghasilan per kepala yang menunjukkan, bahwa indeks pengembangan manusia Indonesia makin menurun. Di antara 174 negara di dunia, Indonesia menempati urutan ke-102 (1996), ke-99 (1997), ke-105 (1998), dan ke-109 (1999).

       


Yang kita rasakan sekarang adalah adanya ketertinggalan didalam mutu pendidikan. Baik pendidikan formal maupun informal. Dan hasil itu diperoleh setelah kita membandingkannya dengan negara lain. Ketika kita membandingkan dengan Pendidikan di Norwegia misalnya yang tidak memakai sistem full day yang mulai di ujicoba saat ini oleh pemerintah, sistem pendidikan mereka lebih mengutamakan Para siswanya diperlakukan dengan baik, dihargai bakat dan minatnya, kemudian dipersiapkan untuk dapat hidup mandiri. Ukuran keberhasilan pada masyarakat Norwegia tidak muluk-muluk sehingga pencapaiannya dapat ditempuh dengan usaha-usaha realistis dan terukur. Berbeda dengan kita yang di Indonesia yang siswanya memang digenjot untuk menguasai seluruh mata pelajaran yang tersedia dalam kurikulum. Lantas mengapa pendidikan kita jauh tertinggal dengan Negara lain?. Nah setiap masalah pasti memiliki penyebab, Menurut saya rendahnya mutu pendidikan di Indonesia antara lain adalah masalah rendahnya sarana fisik, rendahnya kualitas guru,rendahnya kesejahteraan guru,rendahnya prestasi siswa, dan paling utama mahalnya pendidikan di Indonesia.

        

Pendidikan memang telah menjadi penopang dalam meningkatkan sumber daya manusia Indonesia untuk pembangunan bangsa. Oleh karena itu, kita seharusnya dapat meningkatkan sumber daya manusia Indonesia yang tidak kalah bersaing dengan sumber daya manusia di negara-negara lain.


Setelah kita amati, nampak jelas bahwa masalah yang serius dalam peningkatan mutu pendidikan di Indonesia adalah rendahnya mutu pendidikan di berbagai jenjang pendidikan, baik pendidikan formal maupun informal. Dan hal itulah yang menyebabkan rendahnya mutu pendidikan yang menghambat penyediaan sumber daya menusia yang mempunyai keahlian dan keterampilan untuk memenuhi pembangunan bangsa di berbagai bidang.






SHARE THIS

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!