Thursday, May 31, 2018

Alquran dan Kehidupan


Oleh: Silvia anggraeni


Ramadhan adalah bulan penuh rahmat dimana Alquran turun pada bulan mulia ini. Sebagai muslim kita telah mengetahui sejak dulu melalui peringatan nuzul quran yang lazim masyarakat gelar pada malam ke 17 bulan Romadhon. 


Alquran merupakan kalam Allah sang Robbul Izzati yang diturunkan melalui baginda Rasulullah SAW,  sebagai tuntunan hidup umat manusia. 

Seperti dalam surat Al Isra ayat 9:Sesungguhnya Al Quran ini memberikan petunjuk kepada (jalan) yang lebih lurus dan memberi khabar gembira kepada orang-orang Mu'min yang mengerjakan amal saleh bahwa bagi mereka ada pahala yang besar.


Alquran merupakan pedoman hidup umat Islam. Lalu bagaimana kah memposisikan Alquran sebagai pedoman hidup?  Apakah cukup dengan membaca atau menghafalnya saja? 


Alquran dapat menjadi the way of life jika ia diterapkan secara kaffah.  Membaca serta menghafalnya benar akan mendapatkan pahala, namun untuk pedoman hidup Alquran harus diterapkan secara praktis. 

Firman Allah: Apa yang diberikan Rasul kepadamu maka terimalah dia. Dan apa yang dilarangnya bagimu maka tinggalkanlah; dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah sangat keras hukuman-Nya. (Q.S. al-hasyr: 7).


Apa yang kita lakukan di dunia sudah sepatutnya bersesuaian dengan perintah dan larangan Allah yang terdapat dalam Alquran. Tak ada tawar menawar jika Allah dan RasullNya telah menetapkan sesuatu.  Sikap sebagai mukmin adalah mendengar dan menaatinya. 


"Sungguh, Kami telah menurunkan Kitab (al-Qur’ān) kepadamu (Muhammad) membawa kebenaran, agar engkau mengadili antara manusia dengan apa yang telah diajarkan Allah kepadamu, dan janganlah engkau menjadi penentang (orang yang tidak bersalah), karena (membela) orang yang berkhianat.” (Q.S. An-Nisaa/4:105).


Kehidupan manusia didunia ada aturannya. Semua terdapat dalam Alquran sebagai petunjuk bagi orang beriman. Ibarat lalu lintas Alquran adalah rambu-rambunya, akan ada sanksi bagi yang melanggar nya dan ada kabar gembira bagi yang menaatinya.


allahu a'lam



SHARE THIS

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!