Saturday, March 17, 2018

Yuk Menjadi Pribadi Yang Bersyukur!




Oleh: Minah, S.Pd.I
(Pengajar/Praktisi Anak dan Remaja, Anggota Komunitas Revowriter)

Bersyukurlah atas napas yang masih kita miliki...
Bersyukurlah atas keluarga yang kita miliki...
Bersyukurlah atas pekerjaan yang kita miliki...
Bersyukurlah atas nikmat-nikmat yang Allah berikan ke kita.

Bersyukur tak henti-hentinya kita ucapkan, karena Allah masih memberikan banyak kenikmatan kepada kita. Allah berikan nikmat sehat, nikmat iman serta nikmat Islam. Subhanallah, walhamdulillah.

Setiap hari kita bisa menghirup udara segar dan itupun Allah beri gratis. Maka bersyukurlah!
Mari kita tengok saudara kita yang terbaring dirumah sakit, ada yang bernafas dengan tabung oksigen karena sakit yang menghampiri dirinya. Namun, tabung oksigen itu tidak gratis, mereka butuh dana untuk membayarnya, jika ngak ada dana bisa jadi, dia tidak boleh memakai itu. Hmm.

Begitu banyak nikmat yang Allah berikan kepada kita, Allah berikan kita tubuh yang sempurna dari ujung rambut hingga ujung kaki, Allah ciptakan mata kita untuk melihat, agar kita bisa melihat keindahan alam ciptaan Allah. Allah ciptakan telinga untuk mendengar, Allah ciptakan hidup untuk menghirup udara segar. Subhanallah.. coba kita pikirkan! jika Allah tidak memberikan mata, kita pasti tak dapat melihat. Dan Allah pun meletakkan di tempat yang pas di wajah kita, Allah beri dua lubang hidung dengan mengarah ke bawah agar kita mudah untuk menghirup udara, mudah untuk bernafas. Tapi jika Allah berikan lubang hidung yang mengarah keatas, pasti kita akan kesusahan untuk bernafas, apalagi jika hujan, kita akan berusaha melindungi lubang hidung agar air hujan tidak masuk ke hidung, sobat, pernahkah kita berfikir demikian? Dan sudahkan kita bersyukur kepada Allah akan nikmat yang Allah berikan kepada kita?

Bersyukur atas nikmat  yang diberikan oleh Allah SWT merupakan salah satu kewajiban seorang Muslim. Seorang hamba yang tidak pernah bersyukur kepada Allah adalah termasuk orang yang sombong. Allah SWT telah memerintahkan hamba-hambanya untuk mengingat dan bersyukur atas nikmat-nikmatNya. Allah berfirman yang artinya:

   “Karena itu, ingatlah kamu kepadaKu niscaya Aku ingat pula kepadaMu, dan bersyukurlah kepadaKu dan janganlah kamu mengingkari nikmatKu.”(QS. Al-Baqarah:152)

 “Dan ingatlah ketika Tuhanmu memaklumkan, sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmatKu), maka sesungguhnya AdzabKu sangat pedih.” ( QS. Ibrahim:7 ).

Oleh karena itu, bersyukurlah karena Allah masih memberikan nikmat yang tidak terhitung nilainya. Selalu bersyukur dalam segala hal. Bersyukur tidak hanya diucapkan dengan lisan, tapi juga perbuatannya harus sesuai yang Allah Perintahkan. Bersyukur dengan bersegera berlomba dalam kebaikan. Serta beramal sholeh. Tunduk dan taat kepada aturan Allah. So, yuk menjadi pribadi yang bersyukur!

SHARE THIS

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!