Friday, March 16, 2018

Tips Agar Cinta Tidak Membawa Sengsara





Oleh: Minah, S.Pd.I
(Pengajar/Praktisi Remaja, Anggota Komunitas Revowriter)

            Cinta adalah anugerah dari Allah, sudah sepantasnya kita bersyukur karena Allah beri rasa cinta terhadap hambaNya. Namun, kita jangan menyalahartikan rasa cinta. Terkadang remaja now banyak yang menodai cinta itu, baik dengan lisan maupun perbuatan. Rasa suka yang muncul terhadap lawan jenis, mereka aplikasikan dengn TTM (teman tapi mesra) lebih gaulnya dengan pacaran.

 Segala cara dilakukan untuk mendapatkan cintanya. Rayuan gombalnya, tampil keren untuk memikat pujaan hati, de el el deh, kalau udah berhasil senengnya minta ampun tanpa takut dosa, tapi jika putus, sedihnya juga minta ampun. Miris! So, jangan main api deh… Apapun yang Allah larang, pasti itu baik untuk kita. Pacaran yang berujung maksiat ini adalah haram, yang melakukan pasti akan mendapatkan dosa. 

Firman Allah: “Dan janganlah  kamu mendekati zina, sesungguhnya zina itu sungguh suatu perbuatan keji dan suatu jalan yang buruk.” (QS. Al Isra:32).

Lantas, bagaimana cara agar bisa menjaga hati agar nggak jatuh cinta? Kan jika jatuh cinta terus nggak pacaran ? yang ada malah gelisah, kepikiran dia, nggak bisa makan,. Huff alesan saja nih… pasti kalau laper makan juga. Hihi. Nanti katanya kalau cintanya nggak digubris malah membawa sengasara, hadehhh… makanya jangan main api, yang ada sengsarakan. Heee… Cinta itu wajar ada dalam diri seseorang tapi harus diperhatikan jangan sampai malah mengundang murka Allah. Nah, supaya ngak sengsara dengan cintanya maka harus dipenuhi dengan jalan nikah, lalu kalau belum siap gimana? Nih simak ya… Tips agar cinta tidak membawa sengsara.

1.   Rajin Ibadah Yang Sungguh-sungguh.

Nah ini nih kudu dijalankan, beribadah yang sungguh-sungguh, sholatnya 5 waktu, mengusahakan baca alquran tiap hari, zikir dan amalan ibadah lainnya, dekatkan diri kepada Allah, minta petunjukNya. Semakin dekat kita kepada Allah maka kita akan semakin taat padaNya. 

2.   Batasi Pergaulan Dengan Lawan Jenis

Menjaga pergaulan terhadap lawan jenis adalah suatu keharusan, membatasi pergaulannya (berinteraksi jika perlu dan dibolehkan syara’), karena sejatinya kehidupan keduanya terpisah, interaksi diantara keduanya hanya dibolehkan dalam hal tertentu saja. Diperbolehkan berinteraksi dalam 3 kondisi: Pendidikan, pengobatan dan muamalah.

3.   Bersikap Wajar dan Tegas dalam Pergaulan

Bersikaplah wajar dan tegas dalam bergaul, jangan  lebay deh, apalagi terhadap lawan jenis, kudu dijaga. Dan jangan salting(salah tingkah di depan orang yang disukai) so,  wajar dan tegas ya..

4.   Jangan Mudah Terpesona dan Tebar Pesona

            Sob, jangan mudah terpesona ya.. apalagi jika lihat tampilan lawan jenis yang kece abis bin keren, ingat jaga pandangan! Tampang bisa keren, tapi nggak tahu dengan hatinya, ibadahnya gimana, sholat de el el deh, tampang bisa menipu loh, heee… so, tundukan pandangan. Agar setan nggak menggoda kita. Bisa jadi dari mata turun ke hati, bisa gawat sob. Hihi.

"Katakanlah kepada laki-laki yang beriman hendaknya mereka menundukkan pandangannya, dan memelihara kemaluannya, yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka. Sesungguhnya Allah Maha  mengetahui apa yang mereka kerjakan. Dan katakanlah kepada wanita yang beriman. Hendaklah mereka menahan pandangannya dan memelihara kehormatannya..." (QS. An‑Nuur: 30‑31).

Dan kamu juga jangan mudah tebar pesona, berpakain yanga nggak pantes, berhias dan berlenggak lenggok untuk tebar pesona, ini nggak boleh! Berpakaianlah yang sewajarnya sesuai syariat dan berhijab demi menjaga dirimu dan taat kepada Allah. Karena menutup aurat adalah suatu kewajiban seorang Muslim.

5.    Jangan Mudah GR dengan Pujian, 

Nah, jangan mudah GR deh jika dipuji, biasa rayuan gombal saja, apalagi jika cewek di bilang cantik, pintar, dll, udah tuh hati cewek klepek-klepek, hmmm.. ini nih seharusnya dihindari. Tak perlu GR. Oke. anggap angin lewat. Hihi…

6.  Jangan Suka Lirik – lirik Meski Ada Kesempatan

Sob, jangan lirik-lirik walau ada kesempatan, jaga hati dan pandangannya. Emang sih kalau remaja itu ada rasa suka, bisa jadi curi-curi perhatian jika ada kesempatan. Tapi, ini lah yang harus diperhatikan, kita kudu menjaga pandangan dan jangan lirik-lirik.

7.   Jangan Isi Waktu Luang dengan Lamunan, Obrolan, Bacaan Cinta dll

Sob, rasa suka emang wajar namun, jangan sampai kita isi dengan sesuatu yang sia-sia, melamunin orang yang disuka, mengobrol tentang dia, atau membaca bacaan-bacaan cinta yang malah menambah rasa suka, bahkan mendengarkan lagu-lagu cinta. Jangan sampai demikian. Islam memerintahkan kita agar menjaga hati agar tak sengsara, namun, kita juga kudu mengisi waktu kita dengan hal-hal yang bermanfaat, agar waktu kita berharga, nggak ada ruang untuk memikirin orang yang disukai yang belum tentu jadi jodoh kamu. Jika emang suka, cukup berdoa sama Allah diberikan yang terbaik.

8.   Isi Waktu Luang dengan Hal-hal yang Bermanfaat

Sob, isi waktu luangmu dengan hal-hal yang bermanfaat seperti beramal sholeh, belajar, mengkaji Islam, Bisnis dan Aktivitas Islami, sharing dan diskusi islami. Pokoknya hal-hal yang positif ya..

9.   Carilah Teman Bergaul yang Sholeh

Memilih teman juga penting sob, agar temen bergaul kita adalah temen yang sholeh, saling mengingatkan dalam hal kebaikan.

“Seorang muslim adalah saudara muslim yang lain, ia tidak akan mendzaliminya dan tidak akan membiarkannya binasa. Barangsiapa berusaha memenuhi kebutuhan saudaranya maka Allah akan memenuhi kebutuhannya. Barangsiapa yang menghilangkan kesusahan dari seorang muslim maka dengan hal itu Allah akan menghilangkan salah satu kesusahannya dari kesusahan-kesusahan di Hari Kiamat. Barangsiapa yang menutupi aib seorang muslim maka Allah akan menutupi aibnya di Hari Kiamat.”(Mutafaq’alaih)

10.     Tingkatkan Pemahaman dan Amal Islam

Meningkatkan pemahaman kita tentang Islam itu suatu kewajiban, agar kita semakin paham akan aturan-aturan Allah yang wajib kita kerjakan. Sama halnya dengan cinta, jika cinta itu melekat dalam diri, Islam punya solusi dalam hadapinya. Karena emang sejatinya rasa cinta itu wajar dimiliki oleh setiap manusia, hanya saja ada rambu-rambunya dalam Islam. Serta kita juga kudu mampu beramal sholeh.

11.   Jangan Merasa Sok Siap Nikah (Jika memang belum siap),

Nah sob, disini kudu diperhatikan, emang solusinya adalah nikah jika cinta udah ngak tertahankan, buat gelisah en sengsara, tapi jangan sok siap nikah jika memang belum siap ya… bisa berabe nanti, heee… karena nikah itu harus siap lahir dan batin. Kalau sudah siap nikah, silahkan, demi menjaga hati dan dirinya. Tapi niatkan hanya karena ingin ridho Allah.

12.   Menikah Jika Mampu, Jika Belum Mampu, Berpuasalah dengan sungguh–sungguh dan Menjaga Hati.

Kalau sudah siap nikah, maka menikahlah. Kalau belum mampu berpuasalah. Oke.

Wahai sekalian para pemuda barang siapa diantara kalian telah mampu (menikah dengan berbagai macam persiapannya) hendak menikah karena menikah lebih menundukan pandangan dan lebih menjaga kehormatan. Barang siapa yang belum mampu menikah hendaklah puasa karena puasa merupakan wijaa (pemutus syahwat) baginya.” (HR. Bukhori).

So, semoga tips diatas bermanfaat ya. Emang jika berbicara tentang cinta, nggak ada habisnya. Namun, jika rasa cinta ada pada diri maka salurkanlah dengan benar agar kebahagiaan hakiki kita dapatkan. Agar cintanya nggak membawa sengsara, maka tips diatas diperhatikan dan dilakukan. Oke! Cukup cinta dalam hati dan berdoa kepada Allah agar mampu menata hati dan terus mendekatkan diri kepada Allah. tunduk dan taat kepadaNya. Taat aturan Allah karena ingin mendapatkan ridhoNya.




SHARE THIS

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!