Thursday, March 15, 2018

Pemuda yang Dirindu Syurga



Oleh: Nur Khamidah (Mahasiswa Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya dan Anggota Komunitas Revowriter)


Masa muda adalah masa puncaknya kehidupan. Yup, betul jika ada yang mengatakan “Masa muda adalah masa yang berapi-api”. Sebab masa muda adalah puncaknya semangat, puncaknya energi, dan puncaknya daya pikir. Semangat yang membara akan sia-sia jika hanya digunakan untuk foya-foya. Maka, pemuda yang lagi membara semangatnya butuh pendampingan, agar tak kebablasan dan menabrak rambu-rambu kehidupan.


Bagi pemuda yang udah tahu tujuan hidupnya, ia akan mengarahkan semangatnya untuk hal-hal yang mengantarkannya pada kebahagiaan. Bukan lagi bahagia sekadar di dunia saja, tapi bahagia hingga di akhirat. Sebab ia sadar, muara hidup ini adalah kehidupan sesudah meninggal. Dan dunia adalah tempat persinggahan untuk mengumpulkan bekal hidup di akhirat. Pemuda cerdas adalah pemuda yang mencurahkan semangatnya yang membara untuk melakukan amalan tertinggi.


Amalan apakah itu? Amalan tertinggi adalah sebuah amalan sebagaimana yang dilakukan oleh para Nabi dan Rosul, yaitu dakwah. Sebab dakwah adalah sebaik-baiknya perkataan. Firman Allah dalam Surat Al-Fushilat ayat 33, artinya “Siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang menyeru kepada Allah, mengerjakan amal saleh, dan berkata: “Sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri?”” 


Dakwah juga menjadi karakter bagi orang-orang yang beriman. Maka sudah selayaknya, pemuda menjadi garda terdepan dalam menyampaikan amar ma’ruf nahi mungkar. Pemuda yang beriman tidak akan betah melihat kemaksiatan jelas-jelas di depan matanya. Misalnya, melihat temannya pacaran, maka ia tidak akan diam. Sebab pacaran jelas-jelas aktifitas yang dilarang dalam Islam. Sekalipun teman yang diingatkan akan memusuhinya. 
 
Maka berbahagialah bagi para pemuda dengan amalan tertingginya. Sebab ia sedang dirindu syurga. Bukan sembarang syurga yang menantinya. Syurga tertinggi, tempat para Nabi dan Rasul, serta para syuhadah. Ya, adalah syurga firdaus. Tempat terindah bagi para pemuda yang mengikuti amalan Nabi dan Rasul yaitu berdakwah.





SHARE THIS

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!