Sunday, March 18, 2018

Ngaji Oke, Belajar Oke !



Oleh: Minah, S.Pd.I
(Pengajar dan Pemerhati Remaja)

Remaja now, selain hanya untuk belajar disekolah, dia juga kudu ngaji. Tak hanya mengejar prestasi disekolah. Memang tidak mudah untuk membagi waktu antara ngaji or sekolah. Ngaji atau belajar pelajaran sekolah, tugas-tugas sekolah yang menumpuk, kegiatan ekstrakulekuler yang diiikuti, itu menjadi sebuah kesibukannya, namun terkadang ngaji yang malah ditinggalkan. Padahal jadwal ngaji juga harus ada. Tak sekedar belajar disekolah namun juga harus ngaji.

Apakah harus memilih diantara keduanya? Harus dijalani keduanya karena itu penting! Ingat sob, itu semua bukan menjadi penghalang buat kamu untuk bisa menjalankan kedua-duanya. Karena dengan ngaji Islam, kita akan tahu apa yang harus kita lakukan didunia, tahu mana yang halal dan mana yang haram. Mana yang harus dikerjakan dan mana yang harus ditinggalkan.

So, apa yang mesti kamu lakukakan??? Hmmm… jangan khawatir deh sobat, setiap kesibukan pasti ada solusinya kog, yang penting kamu kudu bisa atur jadwal kamu. Iya kan??? Nah jadi kamu butuh kiat khusus loh agar ngaji oke, belajar juga oke.! Mau tahu tipsnya? Yuk deh, simak tipsnya agar kamu bisa ngaji dan belajar.

• Keimanan dan Keyakinan

Keimanan dan keyakinan adalah yang paling pertama dan yang utama. Sangat penting. Karena keimanan dan keyakinan inilah yang menjadi pondasi agar kita tetap semangat untuk terus belajar dan ngaji. Kita wajib mengkaji Islam, karena hukumnya wajib. Niatkan hanya karena Allah, insyaallah bisa menjalankan keduanya. Kalau kita yakin, bahwa ngaji atau mengkaji Islam itu wajib dan sangat penting, maka  ia akan yakin dan berusaha semaksimal mungkin untuk terus ngaji walaupun dia tersibukkan dengan belajarnya disekolah. Dia akan berupaya untuk mengatur jadwalnya sebaik mungkin. Kamu pasti tahu sob, kalau sesuatu itu wajib maka harus dilakukan kalau nggak, maka akan berdosa. Ingat, dosa itu berat, kamu nggak akan sanggup menanggungnya, udah ngaji aja.

Belajar dan Ngaji dengan Perasaan Senang dan Butuh

Ngaji dan belajar itu kudu ikhlas jangan karena terpaksa, jika nggak ikhlas, yang ada malah berat melakukannya, kamu malah tidak bersemangat, bawaannya bete bin nggak mood.  Akan tetapi, kalau kamu melakukan semua itu dengan perasaan senang, rileks dan dinikmati, serta kita butuh dengan belajar dan ngaji, insyaallah bawaannya ikhlas melakukannya, semangat dan terasa ringan, pengen terus untuk belajar dan ngaji.

•  Mengatur Waktu Seefektif Mungkin

Nah sobat, mengatur waktu ini sangatlah penting, agar belajar dan ngaji tidak berantakan. Jangan pernah menyalahkan aktifitas kebaikan. Misalnya disekolah kamu ada aktivis keislaman, atau ngaji Islam, rajin mengikutinya tapi disisi lain nggak belajar pelajar sekolah dan nilai-nilai sekolahnya jeblok, dan dia malah menyalahkan aktivitas ngajinya. Ini yang bahaya loh, kenapa? Nanti bisa jadi aktifitas ngajinya selama ini bisa di bilang nggak ikhlas. Justru kamu harus intropeksi diri, bisa jadi ini karena kamu lalai dalam mengatur jadwal waktu yang tidak efektif. So, aturlah waktu sebaik mungkin, mengkaji Islam adalah suatu kewajiban yang harus dijalankan dan belajar disekolah juga penting, dan kamu juga kudu harus rajin belajar agar nilai-nilainya juga bagus. So, kamu harus bisa mengatur waktu sebaik mungkin. Agar ngaji oke dan belajar juga oke.


Jangan Pernah Menunda-nunda Belajar

mengerjakan tugas, atau latihan yang diberikan oleh guru jangan pernah di tunda-tunda, selagi ada waktu cepatlah untuk diselesaikan, ingat loh sobat, bahwa kesempatan dan waktu luang itu tidak muncul dua kali. Bahayanya jika kamu nunda-nunda, nanti ketika waktunya ngaji, eh besoknya harus ngumpulin PR, tugas, atau ulangan or ujian, nah jika demikian biasanya kamu ngorbanin deh ngajinya. Bener nggak? Padahalkan itu tidak baik, sebab kamu meninggalin aktifitas yang wajib. Nah ini gawat sob, Karena sesuatu yang wajib jika ditinggalkan maka akan berdosa, jadi, upayakan kita jangan nunda-nunda belajar, ada PR atau tugas sekolah, segera diselesaikan.

Berdoa Kepada Allah

Jika kita ingin sukses dalam belajar maka perlu membaca, memahami, Menghafalkan, mengulang kembali dan evaluasi. Dan terpenting adalah berdoa kepada Allah. Dekatlah kepada Allah, mintalah kepada Allah agar selalu dimudahkan dalam belajar dan ngaji. Sebab, Allah lah yang akan membukakan pikiran dan hati kita untuk menerima semua ilmu yang kita pelajari.  Perbanyak amal kebaikan, baca Al-Qur’an, berdoa, agar Allah selalu memudahkan segala urusan kita.

Oke deh sobat, semoga kita senantiasa dimudahkan oleh Allah agar bisa mengkaji Islam. Ngaji oke dan belajar oke. Sungguh Allah bersama orang-orang yang berjuang untuk kemuliaan Islam. dan Allah akan menolong hambaNya. Insyaallah.

SHARE THIS

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!