Friday, March 23, 2018

Menjadi Pemuda Idaman




Oleh: Minah, S.Pd.I
( Pegajar dan Pemerhati Remaja)

Pemuda masa kini adalah generasi penerus bangsa, dia adalah agen of change, tonggak perubahan yang mampu mengubah wajah peradapan. Untuk itu, dia harus menjadi pemuda idaman. Menjadi  pemuda idaman itu nggak sulit, kok. Asal kamu mau sadar, mau belajar dan mau mikir tentang keberadaan kamu sendiri sebagai seorang Muslim. Lantas, apa tips menjadi remaja idaman? Hmm… mau tahu? yuk deh simak.

1. Niatkan bahwa belajar Islam itu untuk ibadah

Belajar Islam itu adalah suatu kewajiban. Karena sebagai seorang Muslim, kudu memahami bahwa menuntut ilmu Islam itu wajib bagi setiap Muslim. Namun, hendaklah diniatkan hanya karena Allah.

Kenapa kita harus belajar Islam? karena untuk mengetahui hakikat Islam, membangun visi dan misi dalam hidup, membentuk kepribadian yang cemerlang dan meyakinkan kita hanya ISLAM solusi peroblematika hidup yang benar.


2. Ilmu yang didapat diamalkan dalam kehidupan

Sobat, jika kita udah menuntut ilmu, udah belajar Islam, maka ilmu itu tidak sekedar teori saja, bukan untuk diri kita saja, akan tetapi, harus  diamalkan didalam kehidupan. Kalau kamu udah tahu hukum sholat, menutup aurat, bergaul yang baik, itu adalah suatu kewajiban, maka kita harus menjalankannya. Tidak sekedar teori, tapi langsung dipraktekkan dalam diri.  Selain itu juga, ilmu itu kita sampaikan ke saudara kita. ilmu yang didapat, diamalkan dan didakwahkan.

3. Islam yang dikaji jangan setengah-setengah

Nah, disini harus diperhatikan, seseorang yang mengkaji Islam tidak boleh setengah-setengah, tetapi harus menyeluruh. Tidak hanya mengakaji fiqih atau tentang ibadah, namun, seluruh aspek kehidupan juga dipelajari, bagaimana hubungan kita kepada Allah (mencakup ibadah dan aqidah), diri sendiri (akhlak, pakaian, makanan, minuman dll) dan sesama manusia (pergaulan, pendidikan, muamalah, ekonomi, politik dll). Nah, jadi, mengkaji Islam secara kaffah atau menyeluruh ya..

4. Memiliki semangat untuk membela Islam

Sobat, semangat untuk membela Islam harus ada dalam diri kita, agar kita terus berjuang untuk kebaikan umat, agar umat bisa bersatu dan melakukan itu semua karena ingin medapatkan ridho Allah. Dan juga, agar Islam itu terterapkan secara sempurna.

5. Menyadari bahwa Islam wajib diperjuangkan

Islam sebagai agama yang diturunkan Allah SWT, Zat Yang Maha Sempurna, Islam diturunkan untuk menjadi rahmat bagi manusia. Oleh karena itu, kita harus sadar bahwa memperjuangkan Islam itu adalah suatu keharusan. Yuk berjuang untuk Islam!

6. Marah besar melihat adanya kemaksiatan

Sobat, sudah sepantasnya kita kudu marah jika melihat kemaksiatan didepan kita, apalagi nih ya, jika teman sendiri melakukan kemaksiatan, bahkan sudah diingatkan tapi ngeyel dan nggak mau mendengarkan apa yang kita sampaikan. Padahal kita menasehati itu tanda sayang dan peduli kita terhadap sesama. Dan Allah akan menurunkan musibah tidak hanya kepada orang yang bermaksiat, yang lainpun akan kena imbasnya. Disini peran pemuda untuk mendakwahkan Islam.

7. Nggak betah hidup nyantai dan hura-hura.

Sob, kita hidup itu punya tujuan, yakni beribadah kepada Allah, menajalankan semua aturan Allah, namun di zaman now, masih banyak yang nyantai dan hura-hura tanpa memikirkan akhiratnya. Padahal hidup itu hanya sekali, saatnya kita harus berjuang untuk Islam, mereka yang paham pastinya merasa nggak betah jika hura-hura terus. Maunya berjuang, menjadi yang terbaik untuk Islam, apalagi pengen menjadi pemuda idaman yang berada di garda terdepan perjuangan Islam.

8. Siap berkorban untuk Islam

Pemuda idaman kudu siap berkorban hanya untuk Islam, baik korban tenaga, waktu maupun hartanya demi Islam, demi kemuliaan Islam serta untuk dakwah Islam.

9. Kuat iman, kuat ilmu dan kuat takwanya.

Wahai pemuda yang menginginkan kejayaan Islam, kita kudu kuat iman, perbanyak ilmu Islamnya serta betakwalah kepada Allah, karena begitu besar tantangan dalam memperjuangkan Islam. Namun, jika sudah kuat iman dan ketakwaannya, maka tak akan tergoyahkan dan berdoalah.

Itu sekilas tips agar menjadi pemuda idaman. Pokoknya, kamu melakukan semua itu hanya ingin mendapatkan ridho Allah,  untuk Islam dan kaum muslimin. Dan tentu saja, untuk menghasilkan para pemuda pilihan seperti itu, dibutuhkan pembinaan yang benar dan baik kepada para pemuda. Lingkungan keluarga wajib memberikan pengaruh yang baik bagi perkembangan kepribadian pemuda kita. Masyarakat dan negara pun perlu memberikan suasana kondusif bagi pembinaan pemuda. Memberikan pengawasan yang baik, bukan malah memberikan pengaruh buruk. Ilmu yang dibarengi dengan ketakwaan akan menjadikan kamu sebagai pemuda muslim memiliki peran yang besar dalam kemajuan bangsa dan peradaban. Dan tak mustahil, akan menjadi pemuda idaman bagi umat.

Era kebebasan yang kebablasan ini harus segera diakhiri. Kehidupan masyarakat kapitalis ini harus secepat mungkin diubah dengan model kehidupan Islam. Yakni Islam sebagai sebuah ideologi, yang nantinya bakal melindungi umatnya dengan penerapan aqidah dan syariatnya. Siap menjadi pemuda idaman untuk memperjuangkan Islam? Semoga Allah memudahkan kita untuk menjadi hamba yang terus berjuang untuk Islam. Selalu mendekatkan diri kepada Allah dan tunduk padaNya. Aamiin. Insyaallah.

SHARE THIS

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!