Thursday, March 22, 2018

Hiu Kecil Itu Bernama Deadline

Oleh : Tari Ummu Hamzah (Pemerhati Remaja dan Anggota Komunitas Menulis Revowriter)
 

Pernah denger ngga guys cerita tentang nelayan di Jepang, yang kalau habis nangkap ikan, ikannya ditaruh didalam tong besar. Ciri biar ikan tetap fresh dan enak pas dimakan adalah ikannya dibiarin berenang bebas biar aktif. Konon semakin aktif si ikan semakin enak rasanya plus semakin tinggi harganya. Para nelayan di Jepang nyari-nyari akal tuh biar ikannya aktif, setelah diteliti ternyata ikan kalau dilaut lepas bakalan lari terbirit-birit kalau ketemu ikan hiu, secara guys hiu jadi predator paling ganas di laut. Akhirnya nelayan di Jepang nemu ide buat masukin 1 hiu kecil disetiap tong ikan yang baru ditangkap, hiunya yang kecil ya sob, kan ngga mungkin nelayan naruh hiu segede gaban, yang ada nelayannya yang di makan. Alhasilsemua ikan didalam tong tergeliat-geliat nyari jalan buat lari dari si hiu kecil tersebut, finally ikan-ikan yang ada didalam tong jadi aktif mulai dari ditangkap sampai kepelabuhan tempat pengelolaan ikan. 

Apa hikmah yang bisa kita ambil? Guys terkadang dalam hidup ini kita butuh pemicu buat kita bersegera melakukan amanah yang kita pikul, karena kalau kita lalai dikit aja bakalan lepas apa yang udah ditangan kita. Ingat guys waktu adalah pedang. 

Oia judul diatas mungkin kedengarannya rada nyleneh ya, apa sih hubungannya antara hiu kecil sama deadline? Gini guys, kalian pernah kan dapet tugas dari guru trus dikasih deadline yang sempit buat kumpulin tugasnya? Pasti pernah donk! Apa yang kalian lakuin sebelum deadline? Pasti kebingungan buat kerjain tugasnya, karena harus siapin ini itu buat ngerjain tugasnya. 

Berasa lagi dikejar kan? Kebingungan? Ngga cuma bingung tapi berasa lelah. Lelah dikejar sesuatu yang ngga keliatan. Apa itu? Waktu. Yups! Waktu itu emang kagak kecium baunya dan keliatan gerak geriknya, tapi efeknya luar biasa guys. 

Guys deadline ngga cuma perkara ngerjain tugas aja, tapi hidup kita juga ada deadline-nya nih, cuma kita ngga tahu deadline hidup kita ini kapan. Sejatinya hidup didunia itu kayak antara waktu pagi dan sore, bukan waktu pagi sampai sore ya, tapi waktu pagi yang dimaksudkan adalah saat matahari terbit sampai kira-kira waktu dhuha aja, begitu juga dengan waktu sore, tahu kan kalau waktu sore menjelang terbenamnya matahari itu waktunya juga bentar banget. Nah itulah guys perumpamaan waktu kita didunia, singkat banget kan? 


So apa yang musti kita lakuin? Kumpulin bekal berupa amal sholeh sebanyak-banyaknya guys, karena di akhirat kelak rapot tugas kita bakalan dikumpulin sama malaikat, dan dihadapan Allah kita disidang buat mempertanggung jawabkan semua perbuatan kita. Nah dari sini kita udah bisa nyimpulin kan kalau yang paling deket sama kita adalah kematian. 


Sebab kita udah di deadline sama Allah maka yang perlu kita lakuin adalah berusaha semaksimal mungkin untuk memanfaatkan masa muda kita guys, caranya? Selalu mentaati perintah dan larangan-Nya. Karena itu konsekuensi dari syahadat kita. Cobaan pasti ada tapi gas polll aja guys buat jalanin perintah Allah. 



Jangan putus asa or berasa lelah banget dalam melaksanakan perintah Allah, ingat kita dikejar deadline so kita harus berlari meski lelah, biarkan lelah itu lelah mengikuti kita dalam menjalankan perintah Allah, alias jangan kasih kendor cuuyy... Insyaallah syurga balasan buat kita yang selalu Istiqomah dijalan-Nya. 


So kesimpulannya, hiu kecil itu namanya dedaline, deadline kita adalah kematian, kematian adalah sesuatu yang paling dekat dengan kita, kita jangan mau dikejar waktu, tapi harus mengejar waktu. Kalau dikejar waktu kamu bakalan ngos-ngosan, berat kamu ngga bakalan kuat eeaa.... ketahuan kan kalau kamu ngga ngatur waktu dengan baik. Tapi kalau kamu mengejar waktu artinya kamu lagi menyongsong masa depan. Wallahu a'lam bishowab



SHARE THIS

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!