Tuesday, March 13, 2018

Hidup Adalah Pilihan




Oleh: Yunita Gustirini Revowriter Bandar Lampung


Dalam kehidupan, kita dikelilingi oleh aneka pilihan. Pilihan yang manis atau yang pahit. Yang cemerlang atau yang kusam. Yang baik maupun yang buruk. Juga pilihan untuk taat atau bermaksiat.


Kita bebas menentukan apa pun pilihan kita. Tapi jangan lupa, ada konsekuensinya. Kelak, Allah Swt akan meminta pertanggungjawaban atas setiap perbuatan kita. So, jangan asal memilih, ya.


Gimana caranya biar kita gak ceroboh memilih? Biar bisa memilih dengan tepat? Allah yang Maha Penyayang sudah memberikan seperangkat aturan-Nya. Aturan yang bisa kita gunakan sebagai panduan kehidupan. Alquran dan As-Sunnah adalah petunjuk utama. Yang akan menghantarkan kita pada keselamatan dunia-akhirat.


Allah Swt telah mengingatkan dalam Alquran surat Al-Hasyr ayat 7, "Apa yang diberikan Rasul kepadamu maka terimalah. Dan apa yang dilarangnya bagimu, maka tinggalkanlah. Dan bertakwalah kepada Allah. Sungguh, Allah amat keras hukuman-Nya." …


Nabi Muhammad Saw pun telah bersabda, "Aku telah tinggalkan pada kalian dua perkara. Kalian tidak akan sesat selama berpegang kepada keduanya, (yaitu) kitab Allah dan Sunnah Rasul-Nya. (HR. Al Hakim) ….



Selain petunjuk tersebut, Allah juga melengkapi kita, hamba-Nya, dengan akal. Dengannya, kita bisa menimbang baik dan buruknya sesuatu. Hal yang baik, kerjakanlah. Pasti kan berbuah pahala dari-Nya. Tapi jangan coba-coba kerjakan yang buruk. Karena Allah Maha Pedih siksanya.  ….


Sebagaimana firman Allah Swt, "Maka barangsiapa mengerjakan kebaikan seberat zarrah, niscaya dia akan melihat (balasan)nya. Dan barangsiapa mengerjakan kejahatan seberat zarrah, niscaya dia akan melihat (balasan)nya. [TQS. Az-Zalzalah: 7-8]



Karenanya, walau kita bebas memilih, pastikan hanya kebaikan yang selalu kita lakukan. Dan kebaikan yang utama adalah melaksanakan Islam dalam seluruh urusan kehidupan. Setialah dengan ketaatan pada Allah. Jauhi maksiat pada-Nya. Agar Sang Khaliq melimpahkan ridhanya pada kita. Sehingga kelak, kita layak mendapat jannah-Nya. Aamiin, insyaallah.  Wallahua'lam bish-shawab.


SHARE THIS

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!