Monday, November 13, 2017

Way of Love

Oleh : Way Revolt

CINTA memang selalu menjadi tema kehidupan yang takkan pernah usang untuk dibahas. Apalagi dikalangan remaja, cinta merupakan tema pokok yang indah dalam kehidupan mereka. Pada masa muda inilah biasanya seorang insan mencicipi manisnya cinta sekaligus merasakan bagaimana rasanya pahitnya putus cinta. Meski seringnya dibahas tema cinta ini namun sungguh sulit untuk mendefinisikan kata cinta yang membalut hidup kita. Namun kuserahkan saja jemari ini menari untuk menorehkan beberapa kalimat untuk mengungkapkan apa yang kuketahui tentang cinta. Hmmm, mencoba menyelami kembali makna cinta, apakah cinta itu seperti seorang ayah yang sedang bekerja seharian di luar rumah. Di tengah fokus menyelesaikan tugasnya, cinta pun datang menghampiri. Meski lelah namun ia tetap memaksimalkan kerjanya hanya untuk menyenangkan anak dan istrinya di rumah dan mengingat ada yang menanti dirumah, ia semakin giat bekerja dan berusaha. Inikah namanya cinta??, atau seorang yang begitu sensitif dihampiri oleh cinta. Karena tak pandai menjaga pandangan sebagaimana aturan syariah, wajah seorang pun berhasil terekam melalui mata kemudian ditransfer dan tersimpan dalam pikirannya. Seseorang yang terekam itu memiliki titik-titik pesona dan mampu ditangkap saat indra melihatnya. Itulah yang menjadikan seseorang terbalut cinta penuh harap dalam alam lamunannya. Ia pun mendadak jadi puitis, mendadak jadi penyanyi atau apalah..apalah..seperti katanya teh iss dahlia, hehe. wah seperti inikah cinta itu?…Tapi cinta seperti ini bisa menjadi “penyakit” lho. Walau tak bersifat medis, ia pula terkadang menimbulkan gejala-gejala lain yang menyebabkan si pemiliknya terbaring sakit. Gawat! cinta yang seperti ini harus segera diobati dengan kembali pada jalan Islam yang menjadi penawar sekaligus obat utamanya.

Ada juga cinta yang tumbuh dan berkembang ditengah persaudaraan sesama muslim meski mereka jauh dan tidak sedarah namun kekuatan cinta itu mengikat dan mengumpulkan mereka dalam sebuah majlis, pengkajian, dan berjuang bersama-sama dalam mewujudkan satu tanda cinta yang telah mengikat mereka yakni cinta kepada Allah. Hal ini sesuai yang telah diriwayatkan oleh Anas bin Malik, beliau mengatakan bahwa seseorang bertanya pada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Kapan terjadi hari kiamat, wahai Rasulullah?”Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata, “Apa yang telah engkau persiapkan untuk menghadapinya?”Orang tersebut menjawab, “Aku tidaklah mempersiapkan untuk menghadapi hari tersebut dengan banyak shalat, banyak puasa dan banyak sedekah. Tetapi yang aku persiapkan adalah cinta Allah dan Rasul-Nya.”Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata,
“(Kalau begitu) engkau akan bersama dengan orang yang engkau cintai.” (HR. Bukhari no. 6171 dan Muslim no. 2639)
Mendefinisikan makna cinta semakin menguatkan daya imaginasi seseorang yang terkadang membawa kepada sesuatu tidak mungkin bisa jadi mungkin, menjadikan kelemahan menjadi kekuatan, melengkapi ketidaksempurnaan menjadi sempurna atas nama cinta. wow amazing! Yup dari beberapa penelusuran tentang makna cinta melalui buku panduan yang bernuasa islam, maka kusebut cinta itu adalah ketaatan dan pengorbanan. Alasannya, karena cinta itu adalah Iman, bicara iman adalah bicara hidup. Sehingga cinta adalah ruh (ilmu) yang menghidupkan kehidupan! ya cinta berasal dariNya. Untuk membuat seseorang tertarik pada kita, caranya adalah dengan mencari perhatiannya. Berbuatlah baik padanya, maka ia pun akan merasa diberi hati. Sehingga ia akan semakin lekat dan semakin mendekat. Namun cara ini bukanlah sebagai tips untuk remaja dan remaji yang hatinya sedang berbunga-bunga dengan kekasihnya. Tidak sama sekali, karena pacaran adalah jalan menuju zina dan jelas haramnya. Namun tabiat hati yang cenderung akan menyukai orang yang berbuat baik padanya. Dan yang terpenting adalah jika kecintaan tersebut dilandaskan cinta karena Allah.

Kecintaan seseorang pada orang yang suka berbuat baik padanya, itu memang boleh. Namun hendaklah kecintaan tersebut dibangun di atas kecintaan karena Allah. Artinya, standar kecintaan pada saudaranya seimbang dengan ketaatan saudaranya pada Allah. Jika saudaranya termasuk kalangan orang sholeh dan bertakwa, ia akan semakin cinta. Sebaliknya, cintanya akan semakin berkurang pada yang suka berbuat maksiat dan durhaka. Inilah maksud kecintaan karena Allah.
Saudaraku, kutitip salam rindu dan cinta untuk anda semua. Ya Allah, tumbuhkanlah rasa cinta kami terhadap sesama yang dilandasi kecintaan karena-Mu. Semoga kita bertemu dan dikumpulkan di taman-taman surgaNya. Aamiin.[]


SHARE THIS

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!