Monday, November 20, 2017

'Aisyah ra: Sang Dokter Piawai

RemajaIslamHebat.Com - Siapa gak kenal 'Aisyah ra. Ummul mukminin,bahkan wanita terhebat di dunia (The Greatest Woman).

Tapi, pada tau gak nih kalo Al Humaira (pipi yang kemerah-merah) ini menguasai ilmu kedokteran (pengobatan)?.....

Iyap, 'Aisyah ra. ternyata selain wanita terpandai di dunia, memiliki retorika berbicara yang hebat, menguasai puisi dan syair, beliau juga pandai mengobati orang sakit. Ilmu tersebut ia peroleh dengan belajar kepada sang suami, Muhammad SAW dan para dokter kala itu.

'Urwah berkata kepada 'Aisyah ra., "Wahai ibundaku, aku tidak heran dengan pemahamanmu yang mendalam masalah-masalah agama. Bagaimana tidak, engkau adalah istri SAW dan putri Abu Bakar. Aku juga tidak heran dengan pengetahuanmu yang luas tentang puisi. Bagaimana tidak, engkau putri Abu Bakar yang dikenal menguasai pengetahuan sosial masyarakat Arab. Tapi, aku heran dengan pengetahuanmu tentang ilmu kedokteran. Bagaimana hal ini bisa terjadi dan dari mana engkau mempelajarinya?"

Aisyah menepuk pundak 'Urwah (keponakannya) seraya berkata, "Wahai 'Urwah, Rosulullah SAW cukup lama sakit di masa terakhir hidupnya. Saat itulah banyak delegasi dari berbagai kabilah Arab yang menemui beliau, lalu mereka menjelaskan beberapa obat untuk membantu kesembuhan beliau. Dan, akulah yang mempraktikannya untuk mengobati beliau. Dari situlah aku mengenal ilmu pengobatan."

Hisyam menuturkan bahwa ayahnya berkata, "Aku pernah belajar kepada 'Aisyah. Aku tdk pernah menemui orang yang lebih mengerti tentang ayat Al-Qur'an, kewajiban agama, sunnah, puisi,kekuatan riwayat, peristiwa-peristiwa besar yang dialami oleh bangsa Arab, dan begini, begitu, kehakiman, dan kedokteran dari pada 'Aisyah.

Aku pernah bertanya kepadanya, 'Wahai Bibi, dari mana engkau belajar kedokteran?' 'Aisyah ra menjawab, ' Ketika aku sakit, Rosulullah SAW mengajariku cara mengobatinya, lalu ketika beliau sakit, banyak orang yang memberi tahu tentang cara menyembuhkannya. Aku juga mendengar orang-orang membicarakan obat yang digunakan untuk menyembuhkan penyakit yang mereka alami. Semua itu aku kuasai dengan baik.'

MasyaaAllah banget kan... Ternyata berbekal seorang pembelajar hebat. 'Aisyah mampu bermanfaat bagi masyarakat dng ilmu kedokterannya.

Wow banget deh...

Generasi zaman now mesti mencontoh beliau.

Penulis : Rina Rahmalia
Mengutip dari 35 Sirah Shahabiyah Jilid 1, karya Mahmud Al-Mishri


SHARE THIS

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!