Saturday, September 2, 2017

Ustadz Lc

Ustad Lulusan Al Azhar bkan??? Sya prrnah dengar kalo belajar harus ke ustd ustd lulusan timur tengah(yg gelarnya lc), soalnya ilmunya bagus,, bersanad,, benarkah begitu?maksud bersanad itu apa? haramkah belajar pada ustd yang tidak bersanad?

Jawab :

Sanad ilmu adalah sandaran serta mata rantai ilmu, menunjukkan bahwa yang bersangkutan memiliki ketersambungan ilmu dari guru dan syaikh. Sehingga, keilmuan yang dia miliki terjamin dan jelas sumbernya. Bukan dari google atau lainnya. Semacam pengakuan bahwa yang bersangkutan berhak untuk menyampaikan ilmu.

Sanad ilmu itu penting. Guru kami, As-Syaikh Muhanna Al Azhary(salah seorang Ulama Azhar-Mesir) pernah menyampaikan pesan, di salah satu kuliah umum beliau,

"Dahulu kami(para thullab azhar masa beliau), diperintahkan untuk tidak belajar AlQur'an dari Mushafi(Orang yang tidak memiliki sanad Qiro'ah dan hanya mengandalkan mushaf), serta tidak belajar ilmu agama dari Shohafi (Orang yang hanya bisa baca kitab dan terjemahan, tanpa belajar pada guru)".

Ini menunjukkan betapa pentingnya sanad ilmu, dan tidak boleh diremehkan.

Oleh karena itu para ulama memberikan nasihat, di antaranya Imam Abdullah bin Al Mubarak rahimahullaah :

الإسناد من الدين ولولا الإسناد لقال من شاء ما شاء

"Isnad (sandaran) itu bagian dari agama, seandainya bukan karena isnad niscaya manusia akan sembarangan dan seenaknya berbicara." (Syarh Shahih Muslim, 1/77)

Imam Sufyan Ats-Tsauri rahimahullaah juga berkata,

  الإسناد سلاح المؤمن، فإذا لم يكن معه سلاح فبأي شيء يقاتل

"Isnad itu senjata bagi seorang mukmin; jika dia tidak memiliki senjata, maka dengan apa dia berperang?" (Imam Ibnu Hibban, Al Majruhin, 1/27)

Karena nya, belajar memang harus pada guru yang memiliki sanad kepada para Ulama Salaf, dan bukan orang-orang didikan Orientalis Kafir. Namun, memiliki sanad ilmu bukan berarti harus Lc(lulusan timur tengah,-pen), namun siapa saja yang pernah mengenyam pendidikan pesantren, ma'had, sekolah islam dan mengambil ilmu dari para guru yang kredibel, serta telah diberikan ijazah(pengakuan) akan keilmuannya dari gurunya. Wallaahu a'lam.

Sumber:

Telegram: Ngaji Fiqh


SHARE THIS

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!