Tuesday, September 5, 2017

Solusi Rohingnya Dalam Beberapa Level

RemajaIslamHebat.Com - Dari arus opini yang berkembang, dunia menunjukkan rasa keprihatinan terhadap tragedi Rohingnya. Berbagai aksi damai terjadi dibeberapa kota Indonesia, bahkan di berbagai belahan bumi yang lain. Beragam kelompok masyarakat melakukan aksi solidaritas penggalangan dana, bahkan beberapa sudah sampai ke Rohingnya untuk memberikan bantuan langsung ke warga Rohingnya. Dunia internasional mencoba memberikan sumbangsihnya dalam usaha perdamaian.
-
Saya mencoba mengumpulkan beberapa solusi yang sudah dilakukan, termasuk berbagai tawaran solusi yang belum dilakukan, dengan memberikan ranking solusi. Solusi ditulis mulai dari rangking 10 sampai solusi No 1 , yakni ;
-
Solusi no.10. Memberikan bantuan sandang, pangan, papan.
Ini adalah kebutuhan pokok manusia dimanapun ia berada. Apalagi sudah dikenal bahwa warga Muslim Rohingnya berada dalam kawasan yang miskin. Ditambah lagi Muslim Rohingnya tidak mempunyai kewarganegaraan, yang itu artinya akses kebutuhan pokok ini tidak diberikan oleh wilayah Myanmar.
-
Solusi No.9. Memberikan bantuan kesehatan dan pendidikan berupa pendirian Rumah Sakit dan Sekolah.
Karena kebutuhan pokoknya yang tak terpenuhi maka rentan terhadap penurunan kesehatan, apalagi dengan " siksaan " fisik dari Militer dan dan kelompok Biksu Wirathu maka keberadaan Rumah sakit untuk memulihkan fisik pihak tersiksa menjadi penting. Termasuk tetap menjamin pendidikan bagi warga muslim rohingnya.
-
Solusi No.8. Secara diplomatis meminta kepada Myanmar untuk menghentikan pembantaian terhadap Muslim Rohingnya. Upaya diplomatis ini sudah berjalan baik melalui lembaga Internasional ( PBB ), termasuk upaya yang dilakukan oleh Indonesia baru-baru ini. Karena memang secara faktual inilah saat ini terjadi pembantaian Muslim Rohingnya. Apakah berhasil ? Pengalaman menunjukkan suatu pola berulang. Taruhlah pada prosesnya berhasil dihentikan pembantaian. Maka bisanya hanya beberapa waktu saat hingga kemudian terjadi pembantaian lagi. Karena peristiwa pembantaian ini tidak hanya terjadi pada tahun ini saja.
-
Solusi No.7. Masih dalam usaha diplomatis juga dengan mendorong Myanmar memberikan akses kemudahan bagi Negara lain, ataupun NGO untuk bisa melaksanakan solusi no.10 sampai no.9. Karena memang akses bantuan dari luar dibatasi oleh Myanmar. Seandainyapun boleh masuk maka bantuan itu berada dalam kontrol penuh pihak Myanmar. Sehingga dalam hal ini juga dibentuk lembaga pengawas khusus dalam penyaluran bantuan ini.
-
Solusi No.6. Myanmar menerima kewarganegaraan Muslim Rohingnya, dam memberikan otonomi khusus. Seandainya pun solusi ini dilakukan maka sangat besar kemungkinan Muslim Rohingnya akan tetap mengalami pembantaian. Kita bisa belajar hal ini dari diskriminasi terhadap Muslim Patani di Thailand, dan Muslim Moro di Filipina selatan. Ditambah kelompok Biksu Wirathu yang menjadi mayoritas di wilayah Rakhine sudah mengumumkan bahwa Muslim Rohingnya layak untuk diselesaikan.
-
Solusi No.5. Memutuskan hubungan diplomatik, dalam rangka memberikan tekanan kepada pihak Myanmar untuk menghentikan pembantaian Muslim Rohingnya. Termasuk didalamnya mengusir duta besar Myanmar.
-
Solusi No.4,  Jika masih ngeyel maka mengirim Tentara untuk menyelamatkan Muslim Rohingnya dengan mengeluarkannya dari wilayah Rakhnine menuju wilayah yang aman dari jangkauan pembantai.
-
Solusi No.3.
Namun solusi no 5 dan 4 ini belum memungkinkan untuk mengatakan mustahil, karena masing-masing Negara terikat dalam dengan doktrin " Urusan internal masing-masing Negara ". Kecuali Negara Adi Daya semacam Amerika serikat beserta temannya Australia mengirimkan armada tempurrnya yang ada diperairan pasifik untuk menyelamatkan Muslim Rohingnya. Namun apakah Mungkin ? Karena dalam Politik Global Amerika akan berhadapan dengan kepentingan Uni Eropa, maupun Cina. Lagi pula dewan keamanan PBB yg punya Hak Veto akan beradu diplomatik di PBB.
-
Solusi No.2.
Menyatukan kekuatan Umat Islam di Asia Tenggara, terutama Indonesia, Malaysia, dan Brunei Darussalam untuk secara mandiri bergerak di luar kontrol PBB untuk melakukan Solusi No 4 bahkan No 3. Apakah mungkin ? Sangat mungkin ketika doktrin Syariah, Ukhuwah, dan Dakwah menjadi arus utama pemikiran Umat Islam di Negeri-negeri Islam tersebut. Dan jika Syariah, Ukhuwah, dan Dakwah ini benar-benar terlaksana maka terbentuklah solusi NO 1, yakni :

Khilafah.

================
05/09/'17

Penulis : Pristian Surono Putro

Sumber:

Fb: Pristian Surono Putro


SHARE THIS

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!