Friday, September 1, 2017

Perbedaan Gaya Komunikasi Lelaki dan Perempuan

RemajaIslamHebat.Com - Yang pertama, lelaki lebih cenderung berbicara umum dan to the point. Perempuan cenderung bicaranya detail dan rinci. Itulah sebabnya kebanyakan lelaki terkesan lebih pendiam dan perempuan lebih cerewet karena perempuan betah bicara hal-hal yg kecil dan rinci.

Yang kedua, lelaki lebih suka bicara yang ada hubungannya dengan status dan kekuasaan. Sebaliknya perempuan lebih suka bicara tentang kedekatan hubungan (keintiman). Pembicaraan sesama lelaki biasanya tentang kerja, politik, olahraga, game perang, dll yang semuanya bermuara kepada persaingan dan kekuasaan. Perempuan jika berkumpul yang dibicarakan tentang keluarga, anak, percintaan, dll yang ada hubungannya dgn keseharian mereka (intim).

Yang ketiga, lelaki cenderung bicara dgn logika. Sebaliknya perempuan bicara dgn perasaan (emosional). Lelaki kadang tidam mengerti dengan argumentasi perempuan yang dipandangnya tidak logis, sehingga kadang meremehkan pendapat perempuan. Sebaliknya perempuan kadang menganggap lelaki kurang berperasaan dan egois. Tidak mengerti perasaan perempuan. Seorang isteri misalnya, lebih menuntut bahasa cinta yang verbal daripada suaminya. Perempuan ingin suaminya romantis. Sebaliknya, bagi suami romantisme itu masa lalu. Yang penting secara logis ia tetap melindungi istri dan anak-anaknya. Contoh lain, perempuan lebih suka nonton film drama cinta daripada film perang karena lebih memuaskan perasaan dan keintiman. Sebaliknya, lelaki lbh suka film perang atau action karena lebih logis dan memuaskan egonya.

Jika lelaki dan perempuan ngotot dengan gaya komunikasinya masing-masing, maka yang terjadi adalah miss communication yang berujung ketidaknyamanan. Pertengkaran suami isteri biasanya berawal dari sini. Dari ketidakmampuan untuk empati pada gaya komunikasi pasangannya.

Begitu pun yang terjadi di luar pernikahan, ketika ada lelaki atau perempuan yang susah bergaul dgn lawan jenis, termasuk susah cari jodoh, mungkin karena mereka kurang empati dgn gaya komunikasi lawan jenisnya dan ngotot dgn gaya bahasanya sendiri.

Kebanyakan masalah yang muncul dalam hubungan antara lelaki dan perempuan, antara suami dan isteri, biasanya karena ketidakmampuan berkomunikasi  yg baik. Itulah sebabnya, al Qur'an menyuruh kita untuk berbicara satu sama lain dgn qoulan karima. "..dan ucapkanlah kepada mereka ucapan yang mulia (baik)” (QS. Al-Isra: 23).

Penulis : Satria hadi lubis

Sumber:

Fb: Satria hadi lubis


SHARE THIS

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!