Tuesday, September 12, 2017

Palsu Dan Benar Dałam Panggung Dunia Maya

Oleh : Raidah Athirah

SAYA diinbox oleh beberapa akun yang sama sekali tidak  saya kenal.Mereka bertanya apakah saya ini  nyata alias bukan akun jadi-jadian ☺️☺️☺️.Apakah saya benar -benar berdomisili di Polandia . Bagaimana saya bisa tinggal disini   .Sejak kapan punya hobi menulis dan lain seterusnya.

Ini pertanyaan apa wawancara pemilihan duta akun misterius ? Hihihi memang jenaka dunia maya ini.

Siapalah saya ? Diri ini hanya rempah-rempah hidup ......kadang lembut ,kadang pedas ☺️☺️☺️.Bukan siapa-siapa hanya seorang yang akan terus belajar dan lagian saya hanya  ibu rumah tangga ,kok ! Rugilah ngabisin waktu hanya untuk kepoin saya

Kalau saya tidak memajang foto diri dan keluarga bukan berarti saya cantik dan sombong.Astagfirullah ...Bukan itu  .Tindakan ini lebih kepada melindungi diri dari kebuasan dunia maya yang kadang tenang ,kadang seperti lautan penuh angin topan .Kalau tidak pintar-pintar memilih teman dan informasi bisa-bisa dinding penuh serangan ular beracun ( buzzer dan akun palsu menyerang ) Hihihihi  

Saya punya hak melindungi privasi dan tidak perlu menjawab dan menerangkan  diri saya kepada orang yang tidak saya kenal.Bukan dosa ,loh ! Jadi jangan emosi kalau ada yang menganggap diri kita sombong,belagu dan lain sebagainya.Tetap tenang dan fokus main Fesbuk dan jualan online ya Maaaak !

 

Mereka bahkan mengaku sebagai followers tulisan -tulisan saya.Ada yang sampai meminta saya mengirim foto walaupun hanya lewat inbox sekadar untuk memastikan bahwa daku bukanlah akun khayalan.

Ada teman-teman dunia nyata yang berada di akun saya dari zaman sekolah seragam abu-abu .Jadi  ,kalau masih ragu juga tentang akun ini  temukan akun sejati figur yang bisa diteladani. Lelah hati saya tak kuasa menjawab pertanyaan sedemikian banyak,Kakaaaaa !

Ini pengalaman pertama kali saya diinbox dengan model pertanyaan diatas.Saya pribadi sempat heran kok dalam sehari ada yang mengirim pesan dengan inti pertanyaan yang sama.

Sampai kemudian lewat di beranda tulisan Mbak Dian Soekanto perihal kehati-hatian dalam  bergaul  di dunia maya terkait pemberian data diri kepada pihak yang kita sendiri tidak kenal dan mengejutkan adalah pembahasan akun bodong dengan inisial AA .

Lucu sekali saya ini,saking penasaran saya cari apa maksud inisial akun AA ini dan ternyata saya adalah salah satu follower kedua akun ini yakni akun  AA dan selebgram Malaysia dengan nama Syafiqahaina dan memang nama panggilan kami sama hanya beda satu huruf  " Ainna dan Aina " .

Selama ini saya tidak sadar bahwa akun dengan inisial AA yang menghebohkan jagat maya ini ternyata semua fotonya adalah hak milik selegram Malaysia . Ini juga sebagai pelajaran hidup bersama bahwa hati-hati memajang foto kita karena bisa saja disalahgunakan.

Ya,walaupun bukan artis , selegram atau  publik figure setidaknya kita menghindari hal -hal buruk berupa pencurian foto,,data diri dan pemalsuan data oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Bukan itu saja .Bukankah mencegah lebih baik daripada ditimpa kemalangan ? Apalagi saat ini marak media foto yang disihir.Astagfirullah....Semoga Allah melindungi kita dari kejahatan hati orang-orang yang hasad.

Seperti kata pepatah ;

" Dunia ini hanyalah panggung sandiwara "

Kalau kata saya ;

" Dunia maya ini penuh dengan dunia abu-abu dan besarnya kepalsuan  ,maka pandai-pandai memilih antara teman asli dan teman pengumpul like . Hihihihi "

Hmmm ,baiklah kembali ke kasus saya diatas sepertinya setelah berbagai peristiwa penipuan  dan akun palsu kesadaran para pengguna hutan belantara sosial media mulai meningkat.

Saya pribadi hanya menyayangkan perang terbuka antara sesama emak , pendukung,  follower atau mungkin pengagum akun berinisial AA.Sebagian saya kira sudah kehilangan akal sehat sampai membenarkan yang salah dan mengiyakan kepalsuan yang dibungkus dengan nilai-nilai religius.

Saya  ingatkan kepada diri saya yang pertama dan kepada semua yang berteman dengan saya bahwa nilai dan rahmat dari agama ini fondasinya terletak pada nilai-nilai kejujuran .

Tidakkkah kita ingat bahwa salah satu sifat Nabi dan Rasul adalah As-Shidq ( kejujuran ).Sahabat-sahabat utama dałam agama yang mulia ini sampai digelari Al-Amin karena kebenaran yang melekat pada beliau.Allahumma salli ala Muhammad Wa Ala alih Muhammad.su

"Dan orang yang membawa kebenaran (Muhammad) dan orang yang membenarkannya, mereka itulah orang yang bertakwa.” [Az-Zumar/39:33]

Dari ‘Abdullâh bin Mas’ûd Radhiyallahu anhu, ia berkata: “Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Hendaklah kalian selalu berlaku jujur, karena kejujuran membawa kepada kebaikan, dan kebaikan mengantarkan seseorang ke Surga. Dan apabila seorang selalu berlaku jujur dan tetap memilih jujur, maka akan dicatat di sisi Allâh sebagai orang yang jujur. Dan jauhilah oleh kalian berbuat dusta, karena dusta membawa seseorang kepada kejahatan, dan kejahatan mengantarkan seseorang ke Neraka. Dan jika seseorang senantiasa berdusta dan memilih kedustaan maka akan dicatat di sisi Allâh sebagai pendusta (pembohong).’”

Hadits ini diriwayatkan oleh Ahmad (I/384); al-Bukhâri (no. 6094) dan dalam kitab al-Adabul Mufrad (no. 386); Muslim (no. 2607 (105)); Abu Dawud (no. 4989); At-Tirmidzi (no. 1971); Ibnu Abi Syaibah dalam al-Mushannaf (VIII/424-425, no. 25991); Ibnu Hibban (no. 272-273-at-Ta’lîqâtul Hisân); Al-Baihaqi (X/196); Al-Baghawi (no. 3574); At-Tirmidzi berkata, “Hadits ini hasan shahih.”

****

Jangan  mudah terperdaya dengan kepalsuan apalagi kepalsuan dunia maya.Allah ,Tuhan Yang Maha Pencipta sudah merahmati kita dengan  karunia akal supaya dipergunakan sebaik-baiknya dalam menjalani dunia yang penuh senda gurau.

Pilih-pilih teman supaya getaran dan energi kebaikan menyatu bukan terpental karena sejatinya keburukkan tak akan pernah menyatu dengan kebaikan.

Bila hari ini kita sudah sangat bingung membedakan kepalsuan dan kebenaran ,maka bagaimana nasib kita kelak bila badai fitnah datang dengan diturunkannya Sang Pendusta ( Dajjal ) ?

Mari berpegang pada satu tali yang kuat....tali yang kukuh walau sebesar apapun ujian dan fitnah menghantam dari berbagai sisi hidup .

Ya,tali itu bernama Al-Quran dan Hadist .Beginilah seharusnya kita meletakkan pegangan kita saat tali-tali kepalsuan menggoda kita untuk jatuh pada sikap permusuhan dan bertikai sesama Muslim.

Mari berdiri diatas kebenaran sekalipun pahit terasa menganga.Yakin bahwa tidak semua yang pahit melahirkan sengsara.Bukankah sebaliknya kejujuran sekalipun pahit bermula ,pada akhirnya semua yang diperbuat melahirkan berkah dari langit.

Polandia,24 Agustus 2017

Menulis adalah mengingatkan diri sendiri bahwa kejujuran sekalipun pahit lebih berkah dari keindahan yang bersifat dusta dan kebohongan.

Sumber hadist : https://almanhaj.or.id/4089-berkata-benar-jujur-dan-jangan

#selfreminder

#belajarJujur

#sayaAkunNyata

#NoTipuTipu

Sumber:

https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=1409660975808259&id=100002931105023


SHARE THIS

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!