Wednesday, September 6, 2017

MIND MAPPING

RemajaIslamHebat.Com - Dear Ayah Bunda,
Setelah pembahasan 4 gaya belajar yaitu visual, auditori, kinestetik dan global, adakah Ayah Bunda atau buah hatinya yang memiiliki kecenderungan visual? Kita review sedikit ya, bahwa salah satu strategi belajar anak visual adalah dengan teknik mind mapping. Nah, kali ini kita akan bahas apa itu mind map, apa saja yang dibutuhkan untuk membuatnya, dan tentu saja step by step termasuk contoh mind mapping.

PENGERTIAN

Sebelumnya, Ayah Bunda pasti pernah mendengar mind mapping atau peta pikiran ya? Nah, dinamakan peta pikiran, karena mind mapping ini merupakan teknik mencatat dengan memanfaatkan bagaimana otak kita bekerja.

Teknik ini pertama kali diperkenalkan oleh Tony Buzan, seorang ahli dan penulis produktif dalam bidang psikologi, kreatifitas dan pengembangan diri.

Menurut Tony Buzan, otak kita bekerja dengan gambar dan asosiasi. Nah, dengan dua hal ini jugalah teknik mencatat mind mapping dibuat. Lalu bagaimana dengan daya ingat, yang berhubungan erat dengan penyerapan informasi/materi oleh otak kita? Secara sederhana, Ayah Bunda, daya ingat terkait dengan persepsi, atensi (perhatian yang kita berikan), dan proses berpikir atau memahami sesuatu.

Informasi yang kita terima akan dikaitkan dan saling terhubung dengan informasi yang telah kita ketahui sebelumnya. Nah, proses memanggil informasi ini (daya ingat) bergantung kuat pada asosiasi yang dibentuk. Semakin kuat asosiasi dari sebuah informasi, maka akan semakin mudah untuk mengingat atau memanggilnya kembali.

Selain itu, Ayah Bunda, aspek emosi juga berperan penting dalam hal ini. Itulah mengapa, sesuatu yang bersifat emosional akan lebih mudah diingat dan cenderung susah dilupakan. Misalnya momen pertama kali Ayah Bunda bertemu. Kapan, di mana, dan bagaimana perasaan saat itu pasti melekat kuat dan akan terus diingat bukan? :D

BAGAIMANA MIND MAPPING BEKERJA?

Setelah kita mengetahui cara daya ingat bekerja, sekarang kita akan melihat hubungannya dengan Mind Mapping. Di sini kita akan menggunakan dua hal, yaitu gambar dan kata kunci. Perpaduan dua hal ini akan membentuk asosiasi di kepala kita dan ketika melihat gambar yang kita buat, maka akan terjelaskan ribuan kata yang yang diwakili oleh gambar dan kata kunci tadi.

Contoh sederhananya, coba kita bayangkan kata SEMANGKA. Maka apa yang kita dapat? Buah berwarna hijau dengan daging berwarna merah segar, berair banyak, atau segelas jus semangka yang merah menggoda. Kecil kemungkinannya bukan, jika kita disuruh membayangkan semangka, maka yang muncul di otak kita adalah deretan huruf S-E-M-A-N-G-K-A ?

Nah, begitulah mind mapping bekerja. Secara mental kita membangun sebuah gambar yang dapat dibayangkan. Ketika gambar tersebut muncul di benak kita, maka seluruh penjelasan yang terkandung di dalamnya juga akan terjelaskan. Berbeda dengan catatan konvensional, yang menuntu kita untuk menghafal daftar panjang yang kadangkala bisa terlewat.

MEMBUAT MIND MAPPING

1. Yang dibutuhkan:

Kertas putih bersih, sebaiknya hindari kertas bergaris karena bisa mendistraksi gambar
Pensil atau spidol warna-warni. Dalam membuat mind mapping disarankan menggunakan warna karena akan mempermudah menyusun pokok pikiran yang berbeda
Kreatifitas dan imajinasi

2. Langkah-langkah

✏Tulis keyword/judul di tengah-tengah kertas dan beri gambar yang sesuai, misalnya kita membuat mind map tentang liburan keluarga
✏Buat cabang utama terkait topik tadi
✏Teruskan dengan membuat cabang-cabang utama lain dengan warna yang berbeda, misalnya:

-Kemana saja tujuan liburan keluarga?
-Apa aktivitas yang mau dilakukan?
-Siapa saja yang ikut serta?
-Apa saja perlengkapan yang perlu dibawa?

✏Selanjutnya dari tiap cabang utama buatlah sub cabang untuk hal-hal yang saling berhubungan
✏Gunakan alur dan garis lengkung senyamannya kita aja, tidak ada aturan baku tentang hal ini
✏Jika ada hal-hal yang berkaitan pada sub yang berbeda, kita bisa menarik garis sebagai pengingat
✏Selesai

Dan untuk lebih jelasnya, sila simak contoh mind mapping pada gambar di bawah ini.

Demikian Ayah Bunda, semoga bermanfaat untuk Ayah Bunda maupun Ananda ya. Dengan membuat mind mapping seperti ini, kita akan dilatih untuk berfikir sekaligus bisa melihat persoalan secara keseluruhan. Dan tentu saja, semakin banyak berlatih maka semakin mudah juga dalam membuatnya. Semangat^^

Salam hangat,
Admin El-Hana Learning Kit

Sumber bacaan:
www.muhammadnoer.com: teknik mencatat kreatif dengan mind mapping.

Sumber:

Fp: El-Hana Learning Kit


SHARE THIS

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!