Thursday, September 7, 2017

Mencintai Suami Karena Allah

RemajaIslamHebat.Com - Sahabat Muslimah yang dicintai Allah ….

Masih ingat kan salah satu tips untuk menggapai sakinah dalam berkeluarga? diantaranya adalah berkasih sayang dan mencintai karena Allah. Benar sekali mencintai karena Allah adalah hal yang sangat penting dalam membangun keluarga.

Cinta adalah karunia Allah. Cinta adalah perasaan suci yang muncul dari perwujudan ghorizatun nau’ (naluri melestarikan jenis).

Inilah kesenangan hidup dunia. Allah SWT berfirman,“Dijadikankan indah pada ( pandangan manusia kecintaan pada apa-apa yang diinginkan yatu wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak ,kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah lading. Itulah kesenangan hidup di dunia dan di sisi Allahlah tempat kembali yang baik ( surga ).” (TQS. Ali Imran : 14)

Di era modern saat ini, cinta suci karena Allah telah tergerus dan terkikis menjadi cinta karena hawa nafsu. Akibat kurangnya pemahaman dan pengetahuan tentang makna mencintai karena Allah. Termasuk membangun cinta dan berkasih sayang karena Allah dalam kehidupan berumah tangga. 

Tidak jarang rumah tangga yang dibangun kandas di tengah jalan karena hantaman badai persoalan yang tidak bisa di selesaikan.  Bahkan saat perceraian terjadi, sering kita temui, mereka yang dulu saling mencintai dalam ikatan suci pernikahan menjadi saling menghujat dan saling membuka aib satu sama lain.

Kondisi yang juga membikin kita prihatin adalah pemberitaan sosial media yang membuat nilai keagungan cinta yang dimiliki dalam mahligai rumah tangga yang dibangun  hancur berkeping-keping.

Tidak tampak sedikitpun kekuatan cintanya yang tersisa untuk saling menjaga keagungan cintanya. Kemesraan yang dulu kita lihat seolah sirna tidak berbekas ketika ada badai rumah tangga.  Sosial media menjadi pilihan untuk mengungkapkan rasa kesal atau jengkel kepada pasangannya sehingga persoalan rumah tangga menjadi konsumsi publik. 

Mengarungi kehidupan berumah tangga memang penuh ujian dan cobaan  untuk meraih sakinah, mawaddah wa rohmah. AllahSWT juga telah mengingatkan kepada kita dalam QS ath Thaghabun [64] :14 yang artinya “ wahai orang-orang yang beriman sesungguhnya dari isteri-isteri kalian dan anak-anak kalian adalah musuh bagi kalian, maka berhati-hatilah kalian dari mereka “ .

Karena itu wahai sahabat muslimah….

Sangat penting bagi kita membangun cinta karena Allah, yaitu mencintai suami sebagai bentuk ketaatan dan keimanan kita pada Allah. Sehingga mahligai rumah tangga yang kita bangun tak mudah koyak.

Berikut yang bisa kita lakukan :
1.Orang yang mencintai karena Allah akan menginginkan keselamatan dan kebahagiaan bagi orang yang dicintai  dunia dan akhirat ,tanpa mengharapkan balasan atau imbalan apapun.

Oleh karena itu, seorang istri yang mencintai suaminya karena Allah, akan selalu mendukung suaminya dalam ketaatan pada Allah, mengingatkan dan memotivasi kala malas, dan menegur dengan penuh cinta kala suami melakukan hal-hal yang tidak diridloi Allah. Semata mengaharap kebaikan akhirat bagi suaminya.

2.Orang yang mencintai karena Allah pasti akan mengutamakan Allah dari pada selainNya termasuk dirinya sendiri. Keridhoan Allah menjadi tujuan utamanya.

Terkadang dalam berumah tangga ada perbedaan-perbedaan “sepele” yang akan menjadi persoalan besar jika tidak disikapi dengan benar. Misal, perbedaan warna favorit, makanan kesukaan, dan sebagainya. Jika masing-masing memaksakan kehendak, tentu sakinah jauh dari harapan.

Bagi seorang istri, yang berusaha taat pada suaminya dan meninggalkan egonya meski pada hal-hal sepele tadi, demi mendapat ridlo Allah, tentulah sangat utama.

Demi mendapat ridlo Allah semata, bukan sekedar cinta dan kasih sayang suami yang hakikatnya fana.

3.Mencintai suami karena Allah berarti berusaha menjaga kehormatan suami. Tidak mencelanya baik di hadapannya atau orang banyak. Menutupi aibnya. Berlapang dada akan kekurangan-kekurangannya. Tidak membanding-bandingkannya.
4.Mencintai suami karena Allah artinya mendoakan kebaikan-kebaikan untuknya. Doa seorang mukmin kepada saudaranya sangat disukai Allah. Termasuk doa seorang istri kepada suaminya.

5.Mencintai suami karena Allah artinya akan selalu berusaha menyenangkan suami, menghiburnya kala susah. Tetap berada di sampingnya saat suami tertimpa musibah. Istri yang sholihah adalah yang menyenangkan suami saat dipandang, taat kala diperintah.

6. Mencintai suami karena Allah artinya selalu berusaha kembali pada syariah ketika badai menerpa rumah tangga. Tidak mudah terbawa hasutan-hasutan yang akan semakin menjerumuskan pada persoalan lebih dalam.

Sahabat muslimah…

Derasnya paham kebebasan yang menjauhkan agama dari kehidupan seperti saat ini menjadikan keluarga muslim sangat rentan dengan persoalan rumah tangga. 

Lemahnya ilmu dan keimanan menjadikan cinta hanya sekedar pelampiasan syahwat dan hawa nafsu. Sehingga kehancuran keluarga di mana-mana. Ketidakpercayaan pada pasangan, perselingkuhan, munculnya orang ketiga, himpitan ekonomi dan guncangan-guncangan lain dapat mengikis rasa cinta yang telah dibangun. 

Penting kiranya kita memahami makna mencintai karena Allah demi menjaga keagungan cinta yang di karuniakan Allah kepada kita.  Karena dengan mencintai karena Allah bisa menjadikan kita mendapatkan naungan pada hari kiamat. 

Sebagaimana hadist dari Abu Hurairah riwayat muslim Rosulullah bersabda : yang artinya “ Sesungguhnya kelak dihari kiamat Allah akan berfirman “ Dimana orang-orang yang saling mencintai karena keagungan Ku? Pada hari ini Aku akan memberikan naungan kepadanya dalam naungan Ku disaat tidak ada naungan kecuali naungan-Ku.“

Semoga sahabat muslimah semua bisa menjadi bagian dari hadist yang disampaikan oleh Rosulullah dan diselamatkan dari dahsyatnya fitnah dunia dan akhirat.

Wallahu a’lam.

Penulis : Ustadzah Iffah Mahmudah


SHARE THIS

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!