Tuesday, September 5, 2017

Manfaat Kurma untuk Anak

RemajaIslamHebat.Com - Assalamualaikum wr wb.
Kurma adalah buah yang sering disebut di dalam Alquran, setidaknya sebanyak 20 kali. Dari situ, kita bisa melihat bahwa kurma merupakan salah satu buah yang "spesial" bagi kaum muslimin. Salah satunya bisa kita temukan pada Surah Ar Ra'du: 4, “Dan di bumi ini terdapat bagian-bagian yang berdampingan, dan kebun-kebun anggur, tanaman-tanaman dan pohon kurma yang bercabang dan yang tidak bercabang, disirami dengan air yang sama. Kami melebihkan sebahagian yang lain tentang rasanya. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berfikir.”

Tidak hanya spesial, kurma secara ilmiah ternyata terbukti memiliki banyak manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Termasuk bagi anak.

Kesehatan anak tentu merupakan hal yang penting bagi setiap orang tua. Karena itulah, memberikan kurma ataupun sarinya pada anak merupakan salah satu ikhtiar para orang tua untuk menjaga anak dari serangan penyakit. Berikut disarikan beberapa manfaat kurma bagi anak:

1. Membantu perkembangan otak bayi
Masa bayi hingga kanak-kanak merupakan masa yang terbaik untuk melatih kemampuan kognitif atau berpikir anak. Kurma dikatakan baik untuk menstimulus perkembangan otak, sehingga akan memudahkan proses belajar kedepannya. Pemberian kurma atau sarinya bisa dimulai ketika anak memasuki usia 6 bulan atau ketika anak mulai diberikan Makanan Pendamping ASI (MPASI).

2. Meningkatkan nafsu makan
Kurangnya nafsu makan seringkali dialami oleh anak-anak, yang bisa disebabkan karena banyaknya zat yang sebenarnya kurang diperlukan tubuh namun tetap dikonsumsi anak. Kurma juga dikenal baik dalam meningkatkan nafsu makan. Memberikan kurma atau sarinya yang alami lebih baik daripada pemberian suplemen sintetis pada anak. Bagusnya nafsu makan anak akan berdampak pada terpenuhinya kandungan zat-zat yang diperlukan tubuh, sehingga diharapkan bisa membuat anak lebih sehat.

3. Menjaga sistem pencernaan
Memberikan kurma ternyata baik untuk membunuh parasit yang bisa menyebabkan infeksi pada usus dan gangguan pencernaan pada bayi. Kurma juga perlu dikonsumsi anak karena dikenal bagus dalam menjaga jumlah bakteri baik yang dibutuhkan oleh usus. Menjaga kesehatan pencernaan menjadi penting bagi para orangtua, karena sistem pencernaan yang baik akan membantu penyerapan zat makanan yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang anak.[]

Diolah dari berbagai sumber.
Wassalamualaikum wr wb
------------------------------------
Referensi :
Dari berbagai sumber

Penulis : Iranti Mantasari

Sumber:

Fp: Komunitas Parenting Ideologis

Tulisan lain di FP Komunitas Parenting Ideologis :

*SHARING MINI MATERI No. 13
Oleh : Evi Fitriani
Divisi Edukasi - KPI

ARTI NUSYUZ

Assalamualaikum wr wb.

Nusyuz dalam islam adalah keluar dari jalan yang lurus.
Dapat diartikan keluar dari syariat islam atau keluar dari ketaatan kepada Allah SWT. Keluar dari ketaatan kepada Allah berarti bermaksiat kepada Allah SWT. Dan kemaksiatan kepada Allah SWT pada diri perempuan ada  dalam keluarnya dia dari ketaatan kepada suaminya.

Sebagaimana tugas dan kewajiban seorang Istri untuk mentaati seorang Suami, dan patuh kepada Suami terhadap apa yang diperintahkan dan di inginkan suami.

Fenomena saat ini justru membuktikan bahwa istri melalaikan tugasnya sebagai ummu wa robatul bayt, Ibu dan pengatur rumah tangga. Namun karna terhimpitnya ekonomi, seorang istri rela bekerja dari pagi hingga malam sampai melalaikan tugasnya sebagai Istri, dan meyampingkan kepentingan suami.

Istri yang keluar rumah tanpa izin suami adalah suatu kemaksiatan kepada Allah. Dan kemaksiatan itu adalah dosa.  Allah SWT memerintahkan istri untuk mentaati suaminya secara umum kecuali kemaksiatan. Allah SWT memerintahkan istri bergaul dengan baik, bermoral baik dan berbicara dengan baik kepada suaminya.

5 Sikap Nusyuz yaitu :
-------------------------------
Mengabaikan wewenang suami
Membicarakan aib suami
Memberatkan beban belanja suami
Keluar rumah tanpa izin
Menyampingkan kepentingan suami, dll

Naudzubillah, Allah yang membolak balikkan hati manusia, semoga kita para istri dan calon istri nantinya terhindar dari sikap Nusyuz tersebut.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu. Dia berkata. Rasulullah SAW pernah ditanya.
“Siapakah wanita terbaik?” Jawab beliau, “Wanita yang paling menyenangkan jika dilihat suaminya, mentaati suami  jika diperintah suaminya, tidak menyelisihi suami pada diri dn hartanya sehingga membuat suami benci”
( HR. An-Nasai dan Ahmad)


SHARE THIS

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!