Wednesday, September 27, 2017

Kakek pun Pernah Merasakan Tuduhan PKI

RemajaIslamHebat.Com - Akas, begitu sebutan saya terhadap Kakek dalam bahasa keluarga Komering dan Palembang. Akas merupakan pejuang era pra kemerdekaan. Pangkat terakhirnya adalah kopral, sebab pasca kemerdekaan beliau mengabdikan dirinya sebagai pegawai Pos Indonesia.

Saat peristiwa besar G30SPKI berlangsung, sesudahnya pun terjadi penangkapan besar-besaran terhadap eks anggota dan underbow PKI. Dari sekian peristiwa tersebut, bisa jadi ada yang salah tangkap. Salah satu peristiwa itu, mengenai akas tercinta. Akas sempat dibawa ke kantor polisi dan ditangkap semalaman.

Kalau itu lembaga pekerja Pos terbagi menjadi dua. Ada yang pro Komunis dan ada yang bukan beraliran Komunis. Kakek pernah ikut undangan yang pro-Komunis, meskipun sebenarnya kakek adalah anggota resmi dari kelompok satu lagi. Ya, pihak keamanan kala itu meminta file-file Akas terhadap keaktifannya di lembaga tersebut. Alhamdulillah, file dan berkas-berkas yang berhubungan dengan itu pun ada. Dikuatkan dengan foto-foto pelaksanaan kegiatan kakek dan foto bersama keluarga besar kesatuan pegawai pos kala itu.

Kakek pun dilepaskan kemudian dengan bukti-bukti yang kuat. Sebab, masyarakat di sekitar rumah memang percaya kakek bukanlah petugas atau bagian dari PKI. Apalagi, kakek merupakan alumni perang kemerdekaan yang masih tergabung dengan veteran perang.

Meskipun demikian, teman kakek pun ada yang tak mampu membuktikan diri meskipun dia tak pernah aktif dan terlibat dengan PKI. Begitulah, tergantung bagaimana pihak keamanan dan pengadilan perlu terlibat dalam membuktikan orang bersalah atau tidak.

Serangkaian isi Perppu Ormas, bahkan lebih kejam lagi dari itu. Sebab meskipun didalamnya telah terdapat poin-poin tentang larangan Komunisme dsb., tapi di dalam poin-poin lainnya disertai dengan "pemaksaan" seseorang untuk dipenjara dan dihukum seumur hidup tanpa pengadilan. Inilah yang perlu kita lawan! Sebab yang begini, adalah upaya Kediktatoran gaya baru.

Itulah mengapa saya, cucunya, adalah pihak yang tetap Anti-Komunisme dan kawan-kawannya, serta juga adalah pihak yang mendukung untuk menolak PERPPU ORMAS.

Insya Allah, sayang akan datang, pada Jumat 29 September 2017, untuk mengangkat dua fokus utama:
1. Tolak PERPPU ORMAS
2. Tolak KEBANGKITAN PKI.

Akhukum,

Rizqi Awal,
Pembina Forum Pemuda dan Mahasiswa Jatinangor.


SHARE THIS

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!