Friday, September 1, 2017

Indonesia Menyelematkan Muslim Rohingnya

RemajaIslamHebat.Com - Ini hanya hitung-hitungan dari imaginasi liar seorang fakir ilmu, miskin wawasan, yang mencoba untuk peduli dengan Saudara muslim Rohingnya. Mencoba untuk menakar sejauh mana kemampuan Indonesia dalam menolony saudara Muslim Rohingnya. Sekali lagi dalam hal ini dibutuhkan ketepatan dalam operasional tekhnis yg sangat cermat. Dibutuhkan perhitungan Jenderal militer yang paham betul kekuatan militernya baik darat, laut, maupun udara. Juga dibutuhkan perhitungan soal tata ruang wilayah Indonesia, juga perhitungan keuangan yang medalam, juga perhitungan ahli geografi spasial. Dan yang terpenting adalah KEMAUAN dan KEBERANIAN Politik dari Pemimpin. Sebenarnya mau apa sih dibutuhkan itu semua ? Kita mau melakukan misi besar, MENYELAMATKAN saudara kita muslim Rohingnya. Sesama mukmin adalah saudara.
-
Kekuatan militer Myanmar, dengan tentara aktif ( AD, AL,AU ) beserta paramiliter lainnya berjumlah total 500.000 pasukan. Sementara kekuatan militer Indonesia dengan tentara aktif 438.000, ditambah tentara cadangan 400.000, dan paramiliter 280.000. Jadi total jumlah personel militer Indonesia 1.118.410 pasukan. Melihat perbandingan ini maka 1 pasukan Myanmar akan berhadapan dengan 2 Pasukan Indonesia. Dan Indonesia punya spiritual kekuatan yang lebih besar yakni KEMENANGAN atau Mati Syahid, yang hal ini tidak dimiliki Myanmar. Inipun jika asumsinya sekedar misi mengangkut menyelamatkan Muslim Rohingnya saja, tidak sampai berperang dengan Myanmar, maka Indonesia sangat memungkinkan untuk menyelamatkan muslim Rohingnya.
-
Muncul pertanyaan berikutnya, jika Berhasil menyelamatkan mengangkut muslim Rohingnya, lantas mau diletakkan dimana Muslim Rohingnya ?
-
Jumlah penduduk Muslim Rohingnya yang masih bertahan di Rakhine berjumlah 1.000.000 jiwa, sementara ratusan ribu lainnya sudah mengungsi di Indonesia, Bangladesh, dan Myanmar. Asumsikan saja kita mau menyelamatkan yang 1 juta jiwa saja yg masih bermukim di Rohingnya. Tentu setelah berhasil diselamatkan 1 juta jiwa Muslim Rohingnya ini mau diletakkan dimana ? Saya ambil sample aja di wilayah Kalimantan, yakni Kalimantan Tengah. Kalimantan tengah memiliki luas wilayah seluas 15.426.781 Ha ,dimana kawasan hutan seluas 12,7 juta ha (82,45 %). Melihat hal ini masih terbuka luas untuk lahan memberi ruang bagi Muslim Rohingnya yang berjumlah 1.000.000 itu. Ditambah lagi bantuan akan mengalir begitu deras dari saudara muslim di seluruh Indonesia yg sangat terkenal dengan GOTONG ROYONGNYA.
-
Memang masih banyak hal yang perlu dipikirkan, namun yg lebih penting dari itu semua adalah terletak di " POLITICAL WILL " dari Penguasanya. Persoalan nyawa muslim rohingnya yang terancam adalah sesuatu yang darurat. Itu baru Indonesia. Akan sangat kuat jika Malaysia, Brunei Darussalam bersatu untuk menyelamatkan muslim Rohingnya ini. Untuk rezim Filipina mereka menindas muslim Moro, Sementara Thailanda menindas Muslim Patani, maka dua rezim ini kita abaikan.
-
Namun perhitungan kasar di atas akan " ambyar " ketika masing-masing negara masih terpenjara dengan pemikiran " itu urusan dalam Negera mereka ", sementara sudah jelas negara myanmar TIDAK MENGAKUI Muslim rohingnya sebagai warga Negara.
-

'Ied Adha, 01/09/'17

Penulis : Pristian Surono Putro
-
Bacaan :
1. https://id.m.wikipedia.org/wiki/Daftar_negara_menurut_jumlah_tentara
2. www.bbc.com/indonesia/dunia-40676548
3. https://id.m.wikipedia.org/wiki/Negara_Bagian_Rakhine
4. dishut.kalteng.go.id/berita/read/9/luas-kawasan-hutan-kalimantan-berdasarkan-sk-529

Sumber:

Fb: Pristian Surono Putro


SHARE THIS

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!