Thursday, September 7, 2017

Indahnya Berteman dengan Mu'min

Oleh : Hilmi Firdausi

DARI Abu Said Al Khudri RA, dalam hadits yang panjang, Rasulullah SAW bersabda tentang syafaat di hari kiamat :

Setelah orang – orang mukmin itu dibebaskan dari neraka, demi Allah, Dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya, sungguh kalian begitu gigih dalam memohon kepada Allah  untuk memperjuangkan hak saudara – saudaranya yang berada di dalam neraka pada hari kiamat.

Mereka memohon : “Wahai Tuhan kami, mereka itu (yang tinggal di neraka) pernah berpuasa bersama kami, shalat, dan juga haji.

Dijawab : “Keluarkan (dari neraka) orang – orang yang kalian kenal”. Hingga wajah mereka diharamkan untuk dibakar oleh api neraka.

Para mukminin ini pun mengeluarkan banyak saudaranya yang telah dibakar di neraka, ada yang dibakar sampai betisnya dan ada yang sampai lututnya.

Kemudian orang mukmin itu menghadap kembali kepada Allah, : “Ya Tuhan kami, orang yang Engkau perintahkan untuk diazab dari neraka, sudah tidak tersisa”

Allah berfirman, “Kembali lagi, keluarkanlah yang masih memiliki iman seberat dinar”. Maka dikeluarkanlah orang mukmin banyak sekali yang disiksa di neraka.

Kemudian mereka menghadap kembali : “Wahai Tuhan kami, kami tidak meninggalkan seorang pun orang yang Engkau perintahkan untuk diazab…” (HR Muslim)

Hadits ini saya sampaikan dihadapan santri-santri saya  seraya berkata, nak...cari Abi ya nak, temukan Abi jika kalian tak mendapati Abi kelak bersama kalian di Surga.

Para santri menjawab dalam diam, sambil selintas saya lihat muka mereka berkaca-kaca.

Ulama besar Imam Hasan Al Bashri rahimahullah berkata kpd murid-muridnya, “Perbanyaklah berteman dengan orang – orang yang beriman. Karena mereka memiliki syafaat pada hari kiamat”

Lalu Imam Ibnul Qoyyim Al Jauziah rahimahullah menasehatkan pula kepada teman – temannya, “Jika kalian tidak menemukan aku di surga, maka tanyakanlah tentang aku kepada Allah. Ucapkan : “Wahai Tuhan kami, hamba-Mu fulan, dulu dia pernah mengingatkan kami untuk mengingat Engkau. Masukkanlah bersama kami di Surga-Mu”. Kemudian beliau menangis…

Dear Jamaah Kajian Hilmiyah, mari saling mendoakan agar kelak kita tidak hanya saling mengenal didunia, namun mengharap kelak Allah kumpulkan kita bersama di Surga. Mohon saksikan, bahwa saya adalah sahabat anda, yang pernah sedikit berbagi kebaikan...

Saya butuh antum semua, saya butuh doa-doa antum semua, karena saya tak akan bisa ke Surga mengandalkan amal ibadah sendiri. Tolong ingat-ingat saya jika antum semua sudah di Surga...tolong ya...

Allahumma Innanas'aluka ridhoKa wal Jannah,  wa na'udzubuka min sakhotika wannaar.

Tulisan lain dari fb Hilmi Firdausi :

"DOKTER SOMBONG?"

Seorang dokter yang sedang bergegas masuk ke dalam ruang operasi..

Ayah dari anak yg akan dioperasi menghampirinya "Kenapa lama sekali anda sampai ke sini? Apa anda tidak tau, nyawa anak saya terancam jika tidak segera di operasi?" Labrak si ayah.

Dokter itu tersenyum, "Maaf, saya sedang tdk di RS tadi, tapi saya secepatnya ke sini setelah ditelepon pihak RS..."

Kemudian ia menuju ruang operasi,setelah beberapa jam ia keluar dengan senyuman di wajahnya: "Alhamdulillah keadaan anak anda kini stabil..."

Tanpa menunggu jawaban sang ayah, dokter tersebut berkata: "Suster akan membantu anda jika ada yg ingin anda tanyakan.." Dokter tersebut berlalu.

"Kenapa dokter itu SOMBONG sekali? Dia kan sepatutnya memberikan penjelasan mengenai keadaan anak saya!", Sang ayah berkata pada suster.

Sambil meneteskan airmata suster menjawab :"Anak dokter tersebut meninggal dalam kecelakaan kemarin sore, ia sedang menguburkan anaknya saat kami meneleponnya untuk melakukan operasi pada anak anda. Sekarang anak anda telah selamat. Namun ia harus kembali ke rumahnya segera pada istrinya....".

Naaah!. JANGAN PΕRNΑН TERBURU2 MENILAI SESEORANG..
Tapi maklumilah tiap jiwa disekeliling kita yg menyimpan cerita kehidupan tak terbayangkan ...

Αda  air mata dibalik setiap senyuman..
Αda  kasih sayang dibalik setiap amarah..
Αda  pengorbanan dibalik setiap ketidak pedulian..
Αda  harapan dibalik setiap kesakitan..
Αda  kekecewaan dibalik setiap derai tawa..

Semoga bermanfaat, agar kita menjadi manusia dg rasa maklum yang semakin luas dan toleransi yang semakin tinggi...

INGAT, kita jelas2 bukan manusia yang paling bermasalah di atas bumi ini...

Yuk tersenyum..
Senyum mampu membasuh setiap luka ..
Yuk saling memaafkan.
Maaf mampu menyembuhkan semua rasa sakit...

Barokallah fiikum.

Hilmi Firdausi

Sumber:

FB : Hilmi Firdausi


SHARE THIS

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!