Monday, September 4, 2017

Ayah Keren Walau Gak Beken

RemajaIslamHebat.Com - Tak perlu ber-ayah-kan Anies Baswedan untuk menjadi pribadi elegan nan berkelas.
Pun juga tak masalah jika tak ber-ayah-kan ayah Edi ato Kak Seto yang expert di bidang parenting.

Intinya bumi ini gak bakalan menggelinding  jika ayahmu bukan pesohor ato orang beken. Entah bekennya kelas RT, Desa, kecamatan sampai orang se Endonesah mengenal figur beliau,  itu gak jadi masalah. Karena tak ada request harus berayahkan siapa jadi terima saja takdir ayah kita saat ini .

Menjadi ''ayah'' tidak gampang, ketika si Aa dan Eneng telah melangsungkan aqad di depan penghulu, lalu 10 bulan kemudian melongoklah si mungil ikut meramaikan pendataan sensus penduduk, maka secara otomatis laki-laki yang di pelaminan tadi berubah status menjadi Ayah. Tapi ini masih pada tataran nama / sebutan doang .

Perlu disadari bahwa esensi dr seorang Ayah amat sangat luar biasa, ia harus menjelma menjadi sandaran yg super kuat. Ia harus memiliki kualifikasi yg mumpuni untuk menjadi figur teladan.

Btw, Ayah adalah jabatan yg diberikan langsung oleh sang pencipta yang tak perlu ceremonial  pelantikan segala macam. Ayah merupakan ''Rektor'' Universitas rumah tangga yg paling bertanggung jwb dalam penyusunan kurikulum pengasuhan anak, silabus pemahaman agama, serta absensi kehadiran hal-hal positif dalam rumah tangga yg tentunya tak lepas juga peran seorang ibu sebagai partner sejati.

Berikut beberapa kompetensi untuk menjadi ayah sekaligus suami agar menjadi idaman. Jika sudah memiliki 80% dr list di bawah ini maka berbahagialah anda insya Allah rumah tangga anda sy pastikan akan langgeng sampai puluhan tahun.
(Terinspirasi dr daeng Arham rasyid, dkk)

Disimak yaaahhh

Untuk menjadi idaman harus memenuhi kriteria sbb:

1. Inisiator : punya segudang inisiatif u/ menyenangkan keluarga, misalnya ajak anak/istri liburan ''gimana kalo minggu depan kita weekend di Lombok yh? Trus minggu depannya lagi kita ke Turki, mauuuuuu??? Sambil mata mengerling menggoda '' (Khayalan tingkat tinggi -Peterpan )

Gak melulu harus selalalu liburan pak, hal-hal sederhana saja misalnya inisiatif angkat jemuran yang udah kering, ngeliat Hp istri sudah dalam kondisi darurat alias koma binti lobet, buruan gih inisiatif colokin ke carger. Mmm bisa jg dengan mematikan mesin air kalo  penampungannya udah kenyang -baca penuh- (gak perlu nunggu teriakan inspektur upacara untuk matiin mesin airnya hehehe)

2. Kolektor : Asal jangan jadi kolektor kecebong dong yah ,  sesekali bantu back up koleksian istri yg berjubel, mulai dari aksesoris, pensil alis sejuta warna, sampai kondom Hp yang gonta-ganti.

Soalnya berabe berjamaah pak klo istri mau kondangan trus kudu matching dr ujung kuku kaki sampai ujung kutila rambut. Salah satu dr perkakasnya lupa taroh dimana, bapak-bapak juga akan ikutan telat .

3. Kalkulator : Harus pandai bantu ngitung pemasukan dan pengeluaran, gak cuma sekedar menyetor uang bulanan.

4. Ilustrator : Mampu memberi ilustrasi yang tepat dan mudah dimengerti, saat Nyonya besar bertanya ''kenapa gaji Ayah / papa cuma cukup sampai tengah bulan saja? ''.

5. Predator : wajib memangsa dan melahap aneka olahan ''chef Marinka'' meskipun rasanya gak karuan,  plus don't forget makan juga sisa anak-anak, bagaimana pun bentuknya, apapun namanya. Soal rasa, jangan tanya bung! Kadang bikin perut mules seharian.

6. Koruptor : Eitzzzz!!! Kalo ini mah, jangan sampe yaaahhh (ini cuma iklan numpang lewat).

Wahai para istri dan anak dukunglah suami / ayah agar tidak nyemplung di kolam korupsi dengan cara mensyukuri tetes keringat halal beliau. Jangan lapar mata banding-bandingin hidup kita dengan artis-artis dan deretan para sosialita, setuju???

7. Komentator : Jadilah komentator yang seru, misalnya ada kejadian update jangan malah kudet. Dikasih sesuatu sama istri ingat baik-baik dan jangan lupa dikomentarin ''waaahhh pemberian mamah bagus banget, warnanya ayah suka, ini detailnya juga menarik, mama tau aja selera ayah, bla bla bla''.

Kalo hanya sekedar ngucapin terima kasih doang?? Hmmm berasa sayur kurang asem deh, eh kurang garam maksudnya .

8. Aktor : Saat istri mukul manja pura-pura aja berlagak kesakitan, hehehe. Abis itu klo dia masih merajuk, udah peluk cium aja sambil usap ubun-ubunnya lalu berdo'a '' Audzu billahi minasyyaithoni rrojim'' do'anya cukup dalam hati aja ya pak? Kalo dispeaker ntar malah ditimpuk beneran hehehe.

Punya akting bagus saat istri ngomel jg bisa dipraktekin misalnya akting pura-pura bobok manjahhh ala incess .

9. News anchor : Harus menjadi pembawa berita kekinian anti hoax, misalnya berita soal beras maknyus, soal papa Setnov minta saham sampai jadi tersangka kasus E-KTP, tentang HTI, PKI, panca sila 5 dasar, dll dsb etc.

10. Fashion advisor:  Mau jalan, ditanya ''pah bagus mana, mama pake baju ungu atau merah? " bagus merah Ma.. ntar difoto hasilnya terang"... eeh keluar kamar pake baju ijo... Hahahaha.

Trus kalo ngasih saran dan komentar ga boleh sesuai keadaan, kudu  diperhalus ato modifikasi sedemikian rupa terlebih dahulu misal : diawali dgn kata "bagus banget, pas dan cocok dgn bentuk tubuh serta warna kulit mama, cumaa....., tapiiii... "

Atau kasih pujian yang manis-mnis sampai diabetes deh, pas istri  lagi nyobain baju baru , "wettzz mama cantik banget pake baju itu, Raisa mah lewattt, Luna maya? Ga da apa-apanya, Ely Sugigi???  Apalagiiiihhh!! intinya gak kalah ma artis Korea mah, beneran cantikkk ".

Walaupun sebenarnya bapak-bapak stress liat harga bajunya yang nyaris sebulan gaji, tapi dijamin deh si emak kembang kempis tuh idungnya digempur pujian penuh dusta . 

Jangan coba-coba langsung main hantam ''ih mama koq jelek banget, udah tau gemuk pake baju gitu, kulit mama kan jg hitam masak iya warna bajunya mentereng begitu??? '' kebayang deh acara jalan-jalan anda dipastikan
akan tertunda sampai waktu yang tidak ditentukan, hehehe.

11. Driver : Wajib nganterin nyonya besar kemana-mana dan sebisa mungkin harus lebih pintar nyari alamat dibanding Mas google map . Kalo tulalit bin muter-muter sampai Ayu tinting nyasar cari alamat palsu?? Pasrahlah pak, kembalikan semuanya pada Allah SWT. Siap-siap aja pasang telinga untuk mendengar khutbah sepanjang jalan kenangan .

12. Baby sitter : Bantuin bikin susu, mandiin, dan ganti popok.

13. Porter : bukan mendadak jadi harry poter lho yahh, singkatnya..  gak boleh nolak kalau istri belanja ke pasar atau mall dan minta bawain barang belanjaan.

1 lagi, kalo anak ketiduran depan TV, di kursi ato di t4 bermain yaaaa angkat ke tempat tidur pak,  emak udah gak kuattt .

14. Reporter : Jadilah Yamaha yang selalu terdepan, tapi terdepan dalam hal mengabarkan, terutama kau lagi dimana, bersama siapa, sedang berbuat apa, sebaiknya terus terang karena kusedang bertanya (ini lagu siapa yh.. Lupa )

Sebab bagi sebagian suami gak ada yang lebih mendebarkan jantung,  manakala berjejer rapi lima kali panggilan tak terjawab dari nomor hand phone ibu negara (baca istri )

15. Translator :  bukan transgender yaaahhh, hehehe (jemari hayati mulai lelah, pegel bang ) suami dituntut menerjemahkan beragam arti kata "terserah", yang akan berbeda maknanya disetiap kondisi.

Salah translate arti kata "terserah" maka akan berubah menjadi "kau tidak pernah mengerti" diiringi tatapan sendu menawan dengan intonasi yang pilu, ujung-ujungnya jadi mewek.

Duuuuhhhh gusti
Eta terangkalahhh
Eta terangkalahhh

Terserah dengan nada datar berarti benar-benar terserah karena ga ada ide, tapi tetap protes kalo ga sesuai ekspektasi.

Kalo kata terserah dikawal dengan tekanan intonasi, itu artinya kamu seharusnya tahu apa yang saya mau.
Wkwkwkwkwwk...

Tapi ada yg lebih horor dr kata terserah lho!  yaitu "DIAM'' gak ngomong sepatah 2 kata, cuma biji mata melotot dgn sadis sambil dalam hati mungkin berteriak TATAP MATA SAYA... "

Wajib sabar menghadapi "Drama Queen" dari istri kalo lagi ngambek.
Asli bikin suami-saumi gelisah galau merana Neng.

16. Astronom : harus tau hitung-hitungan periodik datang bulan serta penanggalan muda atau tua. Dua hal ini erat kaitannya dengan mood. Kudu siaga satu kalo istri lagi PMS (Premenstrual syndrom).

17. Trampolin : saat kau sudah jadi ayah, tubuhmu adalah tempat lompat-lompatan dan bermain yang lebih nyaman dari arena bermain manapun.

Selain jadi trampolin siap-siap juga jadi kuda-kudaan, robot-robotan, ninja yang jago menghilang saat petak umpet, dll dsb

18. Storyteller : Kudu jago mendongeng minimal bisa mengarang cerita dadakan apa saja. Salah satu manfaatnya adalah untuk mencegah anak tertidur di boncengan saat berkendara. Berabe kan kalo anak ketiduran, bisa celaka 2x .

19. Therapist : Minimal terapi pijet de bang .

20. Kebalis: (ini istilah gak resmi yahhh) telinga harus kebal kalo istri lagi ngomel panjang , yang jelas kamu ga perlu nambain cabe lagi kalo makan, atau pake balsem klo badan  lagi  pegel-pegel. Karena omelan istri tuh kadang lbh pedes  dari sambel dan lebih panas dari balsem. Malah tak jarang setajam silet.

21. Food tester : sebelum dikirim ke sanak sodara dan tetangga, dicicipi dulu sama suami, kira-kira layak konsumsi atau nggak,  harus pandai-pandai berkomentar yang enak-enak untuk setiap masakan atau minuman.

Kalopun misal masakannya kurang saaadaap boleh bilang gini ''waahh garam sekarang langka dan mahal sayang yaahh, gak papa deh sayurnya hambar-hambar menggoda '' Nah saat dia buru-buru ngambil garam, eittzzz ajak dia sambil melemparkan senyum pepsodent ''mama coba icip-icip dulu dehh ''

Dannn taaadaaaa
Jeng jeng...

Keasinan pemirsa, over dosis garam hahaha.

Daripada marah-marah gak jelas cuma karena masakan kurang maknyoz mending memupuk kemesraan bukan?? 

22. Entertainer... karena harus siap menghibur anak dan istri yang bete tanpa sebab plus moody gak jelas dari mana arah datang dan sumbernya. Minimal jadi komika yang gak lucu dehhhh, karena udah usaha buat ngelucu aja itu udah lucu koq Bang meskipun kadang garing kriuk kriuk gituuuu.

23. Engineer : kudu bisa benerin segalanya, colokan listrik, sambungan kabel, pipa, tv, hape, antena, motor, pompa pokoknya harus bisa benerin kerusakan barang elektronik dan lainnya.

24. Fighter : Kapanpun ada hewan menjijikkan dan mengerikan masuk ke rumah, suami mesti siap bertarung mengusir hewan tsb, meski cuma kecoa dan cicak.

25. Imam, Qori, ustadz sekaligus khotib : ini nih yang paling urgent diantara mua-muanya, pengen kan sampe ke surga bareng-bareng? #eaaaa

Terakhir : jadi tukang download mulai dari downlaod film korea, lagu-lagu yamg lagi ngehits, upin ipin, tutorial hijab, resep masakan sampai ceramah ustadz .

Cukup sekian bapak-bapak,  masih banyak sebenernya tapi tangan hayati sudah lelah, pengen dipijitin Bang .

**Nurb@y@

Penulis : Nur Baya

Sumber:

Fb: Nur Baya


SHARE THIS

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!