Wednesday, August 30, 2017

UMMAHAATUL GHAD (Para Ibu yang akan datang)

RemajaIslamHebat.Com - Kamis saat kumandang adzan subuh, tergopoh saya berangkat menuju aula di sebuah gedung sekolah... ada puluhan santri akhwat boarding yang menunggu disana...
Subuh itu, terjadwal kajian bulanan, dimana anak-anak bisa tanya jawab tentang apa saja. Momen yang sangat saya sukai, karena bisa diskusi banyak hal dengan mereka.

Bada shalat subuh, sebelum saya buka sesi tanya jawab, saya menyampaikan prolog dengan sedikit cerita, tentang bagaimana rasanya jadi orangtua. Inti yg saya sampaikan adalah, jadi orangtua jaman sekarang ini, tantangannya banyak. Makanya ilmunya juga harus banyak... Mendidik anak di jaman ini, kompetitor orangtua itu subhanalloh banyak banget... gadget, games, internet, tv, tontonan, lingkungan pergaulan, dan lain-lain.

Lalu, saya katakan kepada mereka.. bahwa mereka adalah ummahaatul ghad (ibu dimasa yang akan datang). Untuk itu, dari sekarang mereka harus punya visi yg benar tentang bagaimana menjadi ibu yang baik menurut ukuran Allah. Itulah alasan utk apa mereka bersekolah. Juga itulah alasan mengapa mereka harus dibina dengan pembinaan yang baik (tastqiif). Salah satu tujuan dari itu semua tiada lain adalah, agar mereka memiliki ilmu dan pemahaman yang benar tentang hidup. Termasuk memiliki visi yang benar tentang masa depan. Dan karena mereka adalah calon Ibu dimasa yang akan datang, maka sedari sekarang, mereka harus punya cita-cita, bahwa kelak mereka harus menjadi Ibu Tangguh yang dicintai Allah : menjadi Ibu pejuang, yang mampu mendidik generasinya menjadi generasi yang shalih dan shalihah..

Pembahasannya memang anti mainstream. Tapi mereka ternyata serius menyimak, dan antusias. Padahal usia mereka masih SMP-SMA.
Semangat girls!
Innallaaha ma'anaa..
:-) :-) :-)

Kamis, 17 Desember 2015

Tulisan lain fb Yuli Kusumadewi Anshory :

BERJEJARING ITU PENTING

Bagi saya, dakwah di dunia nyata itu lebih penting. Bertemu dengan banyak orang dari berbagai latar belakang, ngobrol, diskusi masalah keummatan, hingga menyambung silah ukhuwah bersama mereka.

Berinteraksi dengan tetangga dan teman-teman, memasuki komunitas² dan bertatap muka, mendatangi tokoh-tokoh ummat di sekitar rumah, sungguh menjadi kenikmatan tersendiri, karena disanalah kita bisa menyampaikan gagasan² syariat yang agung dan mendakwahkannya.

Buat saya, berjejaring itu penting. Karena dengan berjejaring, kita bisa memperluas ring dakwah kita. Dengan berjejaring, kita bisa memiliki kesempatan untuk menyampaikan gagasan² Islam Kaaffah kepada banyak pihak. Maka, bergabungnya kita di komunitas² parenting, emak-emak arisan, Majelis Taklim, dll niatkan untuk dakwah, bukan untuk eksis

Oiya, jadikan juga FB-an itu selingan. Jika kita memanfaatkannya untuk dakwah, berbagi inspirasi, ya memang seharusnya, daripada dipake buat nyepam dan narsis²an. Ditambah dengan jualan, ya ga salah juga. Kecuali semua waktunya habis buat jualan dan lupa pada kewajiban, itu baru persoalan.

Sumber:

UMMAHAATUL GHAD (Para Ibu yang akan datang)

BERJEJARING ITU PENTING


SHARE THIS

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!