Monday, August 28, 2017

Pandangan Hidup Bangsa

RemajaIslamHebat.Com - Apakah yang layak untuk dijadikan sebuah pandangan hidup ? Apakah yang dimaksud dengan PANDANGAN HIDUP itu ?

Pandangan hidup tak lain adalah BAGAIMANA cara kita MEMANDANG kehidupan ini. Kita urai satu-satu biar pemahaman kita tentang apa itu PANDANGAN HIDUP lebih mendalam.
-
Saat ini kita hidup. Kita siapa ? Kita adalah manusia. Jika saat ini kita hidup, berarti kita ( manusia ) dulunya tidak ada. Dan secara faktual saat ini kita hidup disebuah planet bernama bumi. Dan pada kenyataannya kita dapati bahwa setiap manusia kita dapati menemui ajalnya masing-masing. Dan bisa pula kita lihat bahwa kita hidup dunia ini yang dihuni pula oleh beragam aneka hewan, dan tumbuhan. Dan planet bumi yang kita tempati ini adalah salah satu planet diantara banyak planet yang ada di alam semesta ini.
-
Melihat fakta di atas Maka PANDANGAN HIDUP akan kita dapatkan ketika kita dapat memahami SIAPA diri kita ( manusia ) ini ? Untuk tujuan apakah kita hidup di dunia ini ? Bagaimana seharusnya kita menjalani kehidupan di dunia ini ? Jika pada kenyataannya dulunya kita tidak ada kemudian menjadi ada menjalani kehidupan di planet bumi ini, lantas dari mana kehidupan kita ini berasal ? Termasuk dari mana Bumi, alam semesta ini berasal ? Dengan kata lain darimanakah manusia, kehidupan, dan alam semesta ini berasal ?
-
Jika faktanya suatu ketika ajal pasti menjemput kita lantas apakah setelah ajal kematian itu mendatangi masing-masing kita, apa yang terjadi setelahnya ?
-
Singkat kata PANDANGAN HIDUP akan terjawab ketika kita bisa memahami tentang " PEMIKIRAN MENYELURUH TENTANG alam semesta, manusia,& kehidupan, APA YANG ADA SEBELUM DAN SESUDAH KETIGANYA, BESERTA KAITAN ANTARA KETIGANYA DENGAN APA YANG ADA SEBELUM DAN SESUDAHNYA ".
-
Hal-hal mendasar di atas jika saya peras maka maka menjawab 3 hal dasar :
1. Dari manakah manusia, alam semesta, dan kehidupan ini berasal ? Dengan kata lain adakah pencipta ?
2. Untuk tujuan apakah manusia hidup di dunia ini ?
3. Dan akan kemanakah manusia setelah mati ?
-
Jawaban terhadap hal-hal dasar yang akan membentuk PANDANGAN HIDUP ini HANYA ada TIGA jawaban :
-
PERTAMA. Ada yang menjawab bahwa manusia, alam semesta manusia, dan kehidupan ini ada dengan sendirinya. TIDAK ADA itu pencipta. Tuhan sudah mati. Manusia hidup di dunia ini saja, TIDAK ADA itu yang namanya hisab ( perhitungan amal ), TIDAK ADA itu yang namanya surga-neraka. Nilai yang paling tinggi adalah manusia itu sendiri, manusia hidup di dunia ini adalah untuk memperoleh materi sebanyak-sebanyaknya. Agama adalah candu. Agama adalah bulshit. PANDANGAN HIDUP seperti ini adalah yang disebut MATERIALISME, termasuk di dalamnya adalah SOSIALISME, komunisme, beserta seluruh ide turunannya seperti Marxisme, Leninisme.
-
Jawaban KEDUA menyatakan bahwa Manusia, alam semesta, dan kehidupan ini ada yang menciptakan, diyakini pula bahwa Hisab, surga-neraka itu ada. Pencipta hanya hanya berwenang mengatur soal yang sifatnya individual semata, Agama hanya untuk masalah private semata, soal ketatanegaraan TIDAK BOLEH Pencipta ikut campur tangan. Agama dipisahkan dari urusan politik ketatanegaraan. Nilai tertinggi adalah pada manusia itu sendiri,tujuan hidup di dunia adalah memperoleh materi. PANDANGAN HIDUP seperti iniah yang disebut SEKULARISME.
-
Dan jawaban yang KETIGA adalah bahwa kita mengimani bahwa alam semesta, manusia, dan kehidupan ini adalah Makhluk ( ciptaan ) Allah SWT. Konsekuensi kita mengimani bahwa Allah SWT pencipta kita adalah dengan kita TUNDUK, PATUH, dengan aturan Allah SWT ( Syariah Islam ) dalam seluruh aspek kehidupan baik itu persolan Ubudiyah, makan-minum, pakaian, akhlak, pemerintahan, ekonomi, pendidikan, pergaulan, politik luar negeri, dan persanksian. Keterikatan kita pada Syariah Islam di dunia ini akan diHISAB kelak oleh Allah SWT. Dan keterikatan pada syariah Islam dalam seluruh aspek kehidupan ini adalah merupakan Ibadah yang merupakan TUJUAN Allah SWT menciptakan manusia di dunia ini. Setelah kehidupan ini berakhir maka ada kehidupan akhirat, negeri akhirat adalah kehidupan kita yang hakiki.  Inilah PANDANGAN HIDUP ISLAM.
-
Mari kita ambil Pandangan hidup yang ketiga, yakni Islam dengan jawaban " SAMI'NA WA ATHA'NA " ( Saya dengar dan saya taat ), karena itulah memang konsekuensi kita sebagai Umat Islam. Dan yakinlah bahwa penerapan Islam secara Kaafah akan membawa negeri ini Baldatun Thayyibah wa Rabbun Ghafur, gemah ripah loh jinawe toto titi tentrem kerto raharjo.

Penulis : Pristian Surono Putro

Sumber:

Fb: Pristian Surono Putro


SHARE THIS

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!