Thursday, August 24, 2017

KERJA SAMA ORANG TUA DAN GURU DALAM MENDIDIK ANAK

RemajaIslamHebat.Com - “Itu kan, tugasnya guru di sekolah.”

Ada sebagian orang tua yang beranggapan bahwa setelah anak dimasukkan ke dalam lingkungan sekolah, maka tanggung jawab diserahkan pada pihak sekolah SEPENUHNYA. Merasa sudah membayar mahal, orang tua maunya tahu beres. Padahal ini adalah tindakan yang salah.

Waktu yang dimiliki guru untuk mendidik siswa di lingkungan sekolah sangat terbatas. Bahkan seorang guru dalam prakteknya di lingkungan sekolah harus memperhatikan banyak siswa. Tentunya hal ini tidaklah mungkin dilakukan jika orang tua menyerahkan semuanya tentang kemajuan siswa ditangan guru seutuhnya. Dan sangat tidak mungkin jika guru hanya memperhatikan satu siswa saja.

Orang tua yang berhadapan langsung dengan anak di rumah, memiliki peran yang tidak kalah penting, bahkan jauh lebih besar dari guru. Sebagian besar waktu anak habis di rumah dan bukannya di sekolah. Di sekolah siswa belajar antara 6 hingga 7 jam sedangkan sisanya di rumah.

Orang tua memiliki tugas dan tanggung jawab terhadap anak bukan saja hanya menyiapkan makan, pakaian dan tempat tinggal. Namun lebih dari itu, orangtualah yang sesungguhnya menjadi pendidik utama bagi anak-anaknya. Hal inilah yang belum disadari oleh sebagian besar masyarakat.

Sebuah studi menjelaskan bahwa ada hubungan yang signifikan antara orang tua dan guru yang dapat mempengaruhi anak kita di sekolah. Pada hakekatnya, orang tua dan guru memiliki tujuan yang sama dalam pendidikan anak, yaitu mendidik, membina dan membimbing anak mengembangkan potensinya agar menjadi manusia yang berilmu dan berakhlak mulia. Dan hal ini dapat terwujud jika ada kerja sama yang baik antara orang tua dan guru.

Guna mendukung kerja sama antara orang tua dan guru, pihak sekolah bisa  memfasilitasi sebuah pertemuan rutin. Di dalam forum komunikasi tersebut bisa dibahas mengenai hal- hal diantaranya :

1. Guru menyampaikan visi dan misi pendidikan di sekolah. Guru juga menyampaikan hal- hal yang harus dilakukan orang tua saat mendampingi ananda di rumah.

2. Orang tua bisa membagikan informasi dan gambaran tentang kepribadian anak, minat dan ketrampilan. Gurunya sebaiknya tahu apa yang membuat buah hati Ayah Bunda begitu unik dan spesial.

3. Kegiatan konseling : Guru dan orang tua saling berkonsultasi terhadap kemajuan dan masalah yang dihadapi oleh ananda. Dalam kegiatan ini, orang tua yang satu dan lain juga bisa bertukar cerita dan saling memberi masukan.

4. Kunci membangun komunikasi yang baik dengan anak adalah “ aspirasi dan motivasi “. Ketauhilah apa kegiatan anak, siapa temannya, akan kemana mereka dan apa yang ingin mereka kerjakan. Orang tua bisa membantu anak belajar dan menunjukkan ketertarikan pada apa yang anak sukai.

5. Kegiatan bersama orang tua, guru dan siswa. Semisal perkemahan sabtu minggu, outbond, fieldtrip dsb.

6. Pihak sekolah mengadakan seminar parenting. Pengetahuan orang tua siswa dalam mendidik anak akan bertambah. Pendidikan pada ananda insyaAllah akan membuahkan hasil lebih baik.

Guru di sekolah mendidik dengan sepenuh hati, demikian pula orang tua saat mendidik anaknya di rumah. Sudah bukan zamannya lagi jika orang tua menyerahkan tugas dan tanggung jawab pendidikan anaknya kepada guru semata. Kemudian berharap guru dapat menjadikan anaknya pintar dan berakhlak mulia.

Guru dan orangtua sama- sama memiliki kewajiban untuk menyukseskan belajar siswa. Untuk itu, baik guru maupun orangtua harus sama- sama aktif mempererat kerja sama di antara keduanya. Jika kerja sama antara  orang tua dan guru dapat terjalin dengan baik, maka sedikit demi sedikit pendidikan di Indonesia akan semakin memiliki kualitas yang baik dan tujuan pembelajaran yang direncanakan dapat tercapai dengan optimal.

insyaAllah.

"Before any great things are accomplished, a memorable change must be made in the system of education…to raise the lower ranks of society nearer to the higher." - John Adams

Salam,
Admin

Sumber Bacaan ⤵
http://www.latimes.com/local/education/back-to-school/la-me-edu-how-parents-and-teachers-can-work-together-to-help-kids20150828-story.html
http://hasrianrudisetiawan1.blogspot.co.id/2016/03/kerjasama-guru-dan-orang-tua-dalam.html

Sumber:

Fanspage: El-Hana Learning Kit


SHARE THIS

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!