Thursday, August 24, 2017

Bermain Bersama Ayah

RemajaIslamHebat.Com - Di sebuah perkampungan, saya melihat seorang ayah sedang bermain petak umpet dengan anaknya.  Di hari lain,  saya melihat ayah yang sama sedang bermain bola dengan anaknya. Hari lain lagi saya melihat ayah itu berkejar-kejaran dengan anaknya. Tubuhnya yang besar terguncang-guncang. Kemudian dia menangkap tubuh kecil anaknya dan mengangkatnya tinggi-tinggi. Dan mereka pun tertawa gembira. Saya pun ikut tersenyum menyaksikan pemandangan indah itu.

Ya,  itu adalah pemandangan yang indah. Di saat banyak ayah lain yang sibuk dengan urusannya,  ayah itu menyempatkan diri "bermain" bersama anaknya.

Memang benar,  madrasah pertama seorang anak adalah ibunya.  Ibu adalah gurunya. Namun, ayah adalah kepala sekolahnya.
Tugas mendidik anak bukan  hanya oleh Ibunya. Tapi juga ayahnya.

Dalam al qur'an,  percakapan ayah dan anak lebih banyak daripada ibu dan anak. Jadi,  ayah harus lebih banyak berbincang dengan anaknya. Kalau anaknya masih kecil, berbincangnya ya dengan bermain bersama. 

Tinggalkan gengsimu yah.  Ayo main bareng anak. Main bola,  petak umpet,  kuda-kudaan,  kejar-kejaran,  main kelereng, main layangan, dan lain-lain.  Sesuaikan jenis permainan dengan usianya. Jangan hanya para ibu saja yang selalu memghabiskan waktu dan bermain bersama anak. Ayah pun harus meluangkan waktu untuk itu. 

Pernah saya baca tentang Father's Touch,  yang ditulis oleh seorang profesor. Kehadiran ayah sangat penting untuk perkembangan jiwa anak. Father's touch mentransfer kemandirian, ketegasan, keteguhan,  dan jiwa maskulin.

Tampaknya sepele ya,  kebersamaan bersama ayah itu.  Tapi ternyata maknanya sangat dalam untuk tumbuh kembang dan jiwa anak-anak.

Ketika ayah dekat dengan anaknya,  maka anak akan mudah mendengar nasehat ayahnya. InsyaaAllah anak akan merasa cukup dan tidak mencari-cari perhatian dari luar. Sehingga ketika usianya telah taklif,  dia akan menjadi seorang anak yang teguh dan tidak mudah terbawa pengaruh lingkungan yang buruk.  InsyaaAllah

Sumber:

Fb: Duidama Yanti


SHARE THIS

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!