Thursday, August 31, 2017

Antara Taeyeon SNSD, Maskapai Bikini dan Pelakor

RemajaIslamHebat.Com - Semingguan ini trending topic yang hangat di kalangan netizen dan cukup mengganggu ketenangan para wanita cukup banyak ya sahabat muslimah.

Ada berita Taeyeon SNSD yang datang ke Indonesia dengan baju yang memperlihatkan pusarnya, kemudian dilecehkan dengan dipegang bagian dada dan 'maaf' pantatnya oleh para fans yang terlalu histeris.

Tak kalah heboh, gosip soal pramugari berbikini Vietjet Air akan meramaikan penerbangan di Indonesia. Meski sudah mendapat klarifikasi bahwa tak akan ada pramugari berbikini apalagi di Indonesia. Dan bahwa branding "Maskapai Bikini"nya yang terkenal di seantero dunia Gegara tahun 2012 lalu, bukan berarti ada pramugari berbikini. Kemunculan istilah Maskapai Bikini karena maskapai ini pernah mengadakan bikini show untuk mempromosikan pariwisata pantai di Vietnam.

Satu isyu lagi yang bikin emak-emak kebakaran jenggot. Eh, kebakaran emosi tepatnya ya. Emak-emak kan tak berjenggot ��. Status seorang ibu asal Banjarmasin yang sempat viral soal pelakor (Perebut Laki Orang). Sahabat jandanya yang dia tolong merebut suaminya. Kehebohan status ini diikuti oleh hebohnya berita musisi religi yang menikah lagi. Sehingga membuat para ibu ramai-ramai membuat status baper soal pelakor di sosmed dan mulai siaga satu menjaga rumah tangganya.

Wanita adalah kehormatan yang harus dijaga

Sebetulnya ketiga berita ini ada benang merahnya lho, sahabat muslimah.
Dari sisi mana? dari sisi kehormatan muslimah yang tercoreng dan sisi pentingnya para muslimah sendiri, masyarakat dan negara menjaga kehormatan wanita.

Dalam Islam, ada sebuah kaidah fiqh soal wanita. Sebagaimana yang disebutkan oleh syaikh Taqiyyuddin An-Nabhani dalam kitab nidzam ijtima'iy-nya. "الأصل في المرأة أم و ربة بيت و هو عرض يجب أن يحصان"
Hukum asal wanita adalah ibu dan pengatur rumah tangga dan dia adalah kehormatan yang wajib dijaga.

Ya. Pada dasarnya, Allah memfungsikan tugas utama wanita adalah sebagaiibu dan pengatur rumah tangga. Mereka adalah sutradara dibalik kehebatan para lelaki dan kecemerlangan generasi bangsa bahkan generasi seluruh umat di dunia. Perempuanlah yang menjadi tonggak kesuksesan atau kehancuran sebuah peradaban.

Perempuan juga sebuah kehoramatan yang wajib dijaga. Catat, ke-hor-ma-tan.

Para perempuan wajib menjaga kehorrmatan dirinya. Dengan apa? dengan mentaati rambu-rambu syariat. Menutup auratnya, tak bercampur-baur dengan lelaki kecuali lelaki mahramnya dan kecuali untuk hajat-hajat yang diperbolehkan syariat, seperti untuk kebutuhan kesehatan atau pendidikan misalnya. Tak bersafar dalam perjalanan yang melebihi sehari-semalam kecuali bersama mahramnya, dan yang lainnya.

Sebagai muslimah, satu yang perlu kita sadari. Bahwa kemuliaan kita diukur dengan taqwa. Bukan dengan tinggi badan, putihnya kulit, mulusnya wajah ataupun ukuran panjnag hidung. Apalgi cuma diukur dengan timbangan berat badan. Bukan, bukan itu ukuran kemuliaan kita. Menjauhi ketaatan dengan membuka aurat, bergaul bebas dengan lelaki bukan mahram, apalagi sengaja mengeksploitasi kecantikan dan keseksian demi pundi-pundi rupiah atau demi ketenaran ala girlband Korea, hanya menjerumuskan kita pada kehinaan.

Disitulah pilihan kita. Akan menjadi sebesar-besar fitnah bagi kaum hawa dan dunia, ataukah menjadi sebaik-baik perhiasan dunia?

Masyarakat juga wajib menjaga kehormatan para wanita. Janganlah para perempuan menceritakan wanuta lain dengan detil sehingga seolah-olah suaminya melihatnya. Meskipun itu cerita tentang teman sendiri.  Duhai istri, kasihanilah para suami yang berupaya melakukan kewajiban ghaddul bashar (menundukkan pandangan). Kasihanilah juga para wanita single (entah single beneran ataupun single mom) yang berupaya mati-matian menjaga keiffahannya untuk menjaga kehormatan dirinya.

Jangan pula membeberkan aib para wanita lain di hadapan siapapun. Apalagi jika berita itu belum tentu kebenarannya. Ingat hukum asalnya. Wanita adalah kehormatan yang wajib dijaga. Hati-hati ngecap orang lain pelakor, apalgi jika sampai disebarkan di sosmed yaa.

Dan untuk anda para lelaki, jagalah kehormatan kami para muslimah dengan menjaga pandangan kalian, dengan tidak menggodanya, tidak bermuamalah dan bergaul dengannya kecuali jika ada keperluan yang dibenarkan syariat.  Hindari membicarakan kecantikan atau bahkan keshalihah-an mereka di hadapan lelaki lain kecuali jika anda mak comblang untuk taarufan syar'i, dan itupun seperlunya. Apalgi sampai berfikiran untuk menjadikannya selingkuhan atau sekdar dipacarin kayak anak muda jaman sekarang. Istighfaaar.

Negara memiliki peran yang sangat urgen untuk menjaga kehormatan para wanita. Utamanya untuk mengendalikan media. Karena selama ini medialah yang sudah meracuni pemikiran masyarakat bahwa kemuliaan wanita hanya dinilai dari fisik semata. Iklan2 produk kecantikan dan kontes-kontes kecantikan yang ditayangkan media-lah "provokatornya".

Negara juga tunduk pada pengusaha kapitalis yang hanya menjadikan para wanita sebagai 'manekin' atau kapstok untuk menjual produk. Mengeksploitasi kecantikan dan keseksiannya sehingga perempuan hanya dilihat sebagai obyek seksual semata.
Tak hanya iklan produk kecantikan, bahkaniklan cat, kulkas hingga mie instan-pun seakan wajib menjadikan perempuan sebagai obyek seksual dengan mengeksploitasi keseksiannya. Maskapai asal vietnam tadi contohnya. Coba kita fikir, untuk apa pramugari yang tugasnya melayani penumpang pesawat memakai bikini?

Atau kasus Taeyoun. Untuk apa ajang olahraga yang sebenarnya intinya olahraga dilakukan dalam rangka kesehatan tubuh harus diberi pernik nyanyian? Ngundang artis luar lagi. Katanya saya Indonesia saya Pancasika. Koq yang diundang artis Korea? *Ups.

Kemuliaan wanita dari segi taqwa dan kehebatannya sebagai pendidik generasi digerus habis.  Sehingga saat ini para wanita tak lagi menjadi 'kehormatan' apalagi sebaik-baik perhiasan.

Sahabat muslimah...
Yuk mari, bersama berbenah. Lebih ekstra lagi menjaga keiffahan dan kehormatan kita. Juga menjaga kehormatan saudari-saudari kita. Dan bersama berupaya dan berdoa agar negeri kita tercinta ini menjadi negeri yang taat hukum Allah, termasuk dalam menjaga kehormatan para wanita.

Sumber:

Fp: Info Muslimah Jember


SHARE THIS

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!