Sunday, August 21, 2016

Cara tumbuhan Menyimpan Cadangan Makanan

Kak Hardi'Blog | Hasil fotosintesis adalah karbohidrat dan oksigen. Oksigen langsung dilepas ke udara bebas. Sedangkan karbohidrat digunakan untuk tumbuh dan sisanya disimpan sebagai cadangan makanan, di antaranya pada:

1) Umbi
Umbi adalah bagian tanaman yang menggembung dan berfungsi untuk menyimpan cadangan makanan. Umbi ada beberapa macam, di antaranya:
- Umbi batang, contohnya: kentang, kimpul, talas, dan ubi jalar.
- Umbi lapis, contohnya: bawang merah, bawang putih, bawang bombai, dan bunga bakung.
- Umbi akar, contohnya: ketela pohon, wortel, dan lobak.

2) Batang
Batang tumbuhan ada yang mengandung cadangan makanan dan dapat dimanfaatkan manusia. Tumbuhan yang menyimpan cadangan makanan pada batang, di antaranya sagu dan tebu.

3) Daun
Daun biasanya digunakan manusia untuk sayuran. Tumbuhan yang menyimpan cadangan makanan pada daun, di antaranya bayam, kangkung, sawi, kol, selada, daun seledri, dan kucai.

4) Biji
Biji merupakan tempat menyimpan cadangan makanan. Tumbuhan yang menyimpan cadangan makanan pada biji, di antarnya padi, kacang hijau, kacang tanah, kedelai, jagung, jambu mete, dan kacang merah.

5) Buah
Buah merupakan bagian tumbuhan yang enak dimakan. Tumbuhan yang menyimpan cadangan makanan pada buah, di antaranya mangga, apel, belimbing, durian, melon, semangka, jambu, anggur, duku, avokad, dan rambutan.


SHARE THIS

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!